Sukses

Pemerintah Gaet Siemens Kembangkan IKN Jadi Kota Pintar di Hannover Messe 2023

Indonesia dan Siemens sepakat berkolaborasi dalam pengembangan kota pintar, energi pintar, gedung pintar, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara .

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan penyedia teknologi asal Jerman, Siemens dalam rangkaian acara Hannover Messe 2023

Keduanya sepakat berkolaborasi dalam pengembangan kota pintar, energi pintar, gedung pintar, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara .
 
Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengaku senang bisa berkolaborasi dengan Siemens dalam pengembangan IKN Nusantara menuju green and smart city. 
 
"MoU ini menandai langkah penting untuk mencapai tujuan kami menjadikan Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. Kami percaya, kolaborasi dengan Siemens akan membawa wawasan dan keahlian yang berharga bagi pengembangan smart konsep kota di IKN Nusantara," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).
 
Bambang menyampaikan, nota kesepahaman tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua pihak. Sekaligus bertukar pikiran dan pengalaman dalam perencanaan dan implementasi konsep smart city di IKN Nusantara, guna mendukung pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.
 
Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pembentukan kelompok kerja dengan pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan lingkup kota pintar, melakukan studi kelayakan awal di bidang tertentu (akan ditentukan kemudian) berdasarkan informasi yang tersedia, dan menjajaki kerjasama strategis dalam pelaksanaan proyek.
 
Selain itu, Bambang menambahkan, OIKN target menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia.
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Pintar

OIKN bermaksud untuk membangun IKN Nusantara menjadi kota pintar yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuannya, mengurangi biaya dan konsumsi, serta terlibat lebih aktif dan efektif dengan warganya.
 
Sementara Siemens sebagai penyedia teknologi dan keahlian, berkomitmen untuk mendukung pengembangan sektor smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara.
 
"MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan tersebut dan mempererat kemitraan kedua belah pihak," pungkas Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini