Sukses

Sri Mulyani Tinjau Layanan Bea Cukai di Bandara Soekarno-Hatta, Pesan Ini ke Anak Buahnya

Sri Mulyani juga berbincang dengan para pegawai Bea dan Cukai dan memberikan pesan kepada mereka.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Direktur Jenderal Bea Cukai melakukan kunjungan ke ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kunjungan dalam rangka menyambut lonjakan kedatangan penumpang jelang mudik Lebaran 2023.

"Saya mengecek kesiapan @bcsoetta dalam menyambut lonjakan kedatangan penumpang, dalam rangka mudik lebaran. Saya ditemani oleh Direktur Jenderal @beacukairi meninjau seluruh aspek kesiapan dari hulu ke hilir," tulis Sri Mulyani diakun instagram pribadinya @smindrawati, Senin (10/4/2023).

Adapun peninjauan kesiapan yang dilakukan dari hulu ke hilir, dimulai dari proses pelayanan bagasi penumpang, penjaluran penumpang menuju green dan red line, pemeriksaan barang (melalui x-ray dan fisik bagasi), pelayanan IMEI (registrasi hingga pembayaran), dan profiling penumpang.

"Senang sekali melihat kesiapan para petugas DJBC yang terus meningkat dan semakin matang dalam memberikan pelayanan kepabeanan dan cukai. Saya juga pastikan, seluruh layanan yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Sri Mulyani.

Menkeu mengungkapkan, disela-sela peninjauan di bandara Soekarno-Hatta, dirinya juga berbincang dengan para pegawai Bea Cukai. Sri berpesan agar mereka bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Bandara.

"Ketika sedang melakukan peninjauan, saya juga berbincang dengan para pegawai yang bertugas. Saya melihat mereka antusias dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat..! Bangun kembali kepercayaan dan respect orang terhadap kita, titip ya," ujar Sri.

"Saya sampaikan terima kasih atas kesiapan seluruh jajaran DJBC. Terus jaga profesionalisme dan berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Mari jaga bersama kepercayaan masyarakat terhadap DJBC dan @kemenkeuri!," tambah Menkeu.

Tak hanya berbincang dengan pegawai Bea dan Cukai, Sri Mulyani juga berbincang dengan beberapa pengguna Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Anggarkan Belanja Negara Rp 3.476,2 Triliun di 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menganggarkan belanja negara tahun 2024 sebesar Rp3.215,7 triliun -Rp3.476,2 triliun. Sedangkan pendapatan negara akan ada berada di kisaran Rp2.719,1 triliun - Rp2.865,3 triliun.

Keseimbangan primer (primary balance) didesain mendekati nol agar bisa menjaga kesehatan APBN. Sehingga dengan itu defisit 2024 ditetapkan sebesar 2,16 persen hingga 2,64 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Penerimaan perpajakan ditargetkan bisa mencapai Rp 2.280 triliun - Rp 2.355 triliun, naik 9,91 persen-10,18 persen jika dibandingkan dengan APBN 2023. Sementara itu, untuk belanja Pemerintah Pusat di kisaran Rp 2.400,7 triliun - Rp 2.631,2 triliun, atau meningkat 10,43 persen hingga 11,37 persen dari APBN 2023.

"Belanja Pemerintah Pusat terdiri dari belanja yang ada di BUN (Bendahara Umum Negara) untuk berbagai kebutuhan-kebutuhan yang memang sifatnya juga tidak rutin. Namun penting seperti untuk pendanaan Pemilu," tutur Sri Mulyani dalam pembukaan Rakorbangpus 2023 di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).

Bendahara negara ini melanjutkan anggaran transfer ke daerah disiapkan sekitar Rp 815 triliun - Rp 845 triliun. Di tahun 2024 nanti, Pemerintah menganggarkan untuk belanja khusus, yakni untuk Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dan Pemilu Raya 2024

"Pembangunan IKN itu jelas sudah dimulai tahun ini dan tahun depan, Pemilu itu kita lihat untuk tahun depan bulan Februari untuk seluruhnya, dan Pilkada pada ujung tahun 2024," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Sri Mulyani Beri Kabar Baik di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa capaian kinerja APBN pada bulan Februari 2023 berjalan  sangat baik 

Meski demikian, APBN 2023 dijaga untuk terus waspada dalam mengantisipasi berbagai tantangan dan ketidakpastian sepanjang tahun 2023.

Mengutip laman resmi Kementerian Keuangan, Rabu (15/3/2023) Sri Mulyani mengatakan, kinerja APBN hingga Februari 2023 mencatat surplus yang didukung kinerja pendapatan yang masih kuat dan tren belanja yang positif.

"Pendapatan negara kita sampai dengan akhir Februari terkumpul Rp 419,6 triliun. Ini artinya 17 persen dari target penerimaan atau pendapatan negara sudah dikumpulkan pada dua bulan pertama yaitu Januari dan Februari. Pertumbuhan dari pendapatan negara adalah 38,7 persen year on year, yaitu terdiri dari pajak, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak," terangnya dalam Konferensi Pers APBN Kinerja dan Fakta (KiTa), pada Selasa (14/03).

Selain itu, pemulihan ekonomi, meningkatnya aktivitas masyarakat serta kontribusi implementasi UU HPP terlihat dari penerimaan pajak yang tumbuh baik dan positif.

Sri Mulyani mencatat, penerimaan pajak mencapai Rp. 279,98 triliun, tumbuh 40,35 persen (yoy) dan mencapai 16,30 persen dari target APBN 2023.

Kenaikan yang signifikan juga terlihat dari sisi PNBP yang mencapai Rp. 86,4 triliun (86,6 persen yoy), mencapai 19,6 persen dari target APBN.

Sementara itu, terjadi sedikit penurunan pada penerimaan Kepabeanan dan Cukai namun tetap on-track dengan Rp 53,27 triliun, atau 17,57 persen dari APBN pada Februari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini