Sukses

Mau Healing ke Luar Negeri? Wujudkan dengan Blibli Invest Aja!

Buat healing, jangan hanya menabung, ada baiknya kamu menyisihkan uang untuk berinvestasi sebagai perencanaan yang lebih matang dalam tujuan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Healing menjadi suatu kebutuhan yang esensial di tengah padatnya rutinitas dan tuntutan pekerjaan yang tinggi. Jalan-jalan di tempat terbuka sekitar rumah, short trip bareng keluarga atau sahabat, bahkan solo travelling bisa jadi pilihan menarik untuk mengisi ulang energimu setelah lelah bekerja. Bagi kamu yang suka travelling ke luar negeri pastikan untuk pilih negara yang aman dan siapkan budget yang cukup selama perjalanan. 

Untuk mewujudkan rencana healing ke luar negeri, membuat perencanaan biaya perjalanan harus segera dilakukan. Tentunya, kamu bisa mulai langkah awal dengan mengecek kondisi keuangan apakah dana yang kamu miliki sudah cukup atau masih kurang. Jangan patah semangat, kamu tetap bisa mengumpulkan dan menyiapkan dana healing impian. 

Nah pertanyaannya sekarang, apakah ada cara untuk saving money alias menyimpan uang yang cepat namun tetap aman untuk pergi ke tempat healing impian kamu? Jawabannya, ada!

Pertama, kamu dapat menabung dengan menyisihkan uang dari penghasilanmu. Untuk menabung harus dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang, untuk menuai hasilnya di kemudian hari. Misalnya kamu bisa mengelola anggaran dengan aturan 50/30/20. 

Gunakan 50 persen dari penghasilan untuk kebutuhan esensial, seperti makanan, biaya cicilan, akomodasi, listrik, air, dan lainnya. Kemudian 30 persen dapat dianggarkan untuk kebutuhan hiburan, misalnya hang out bareng teman di restoran atau kafe atau sekadar belanja. Lalu 20 persen dari pendapatan, bisa digunakan sebagai tabungan rencana healing ke luar negeri atau investasi. 

Cara kedua, jangan hanya menabung, ada baiknya kamu menyisihkan uang untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi kamu bisa merencanakan secara lebih matang tujuan keuangan dibandingkan hanya dengan menabung saja. Terlebih, nilai uang yang disimpan di bank tidak bertambah karena dipengaruhi oleh inflasi tiap tahunnya. 

Oleh karena itu, pilihlah investasi yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ada investasi jangka pendek dan jangka panjang bergantung dari waktu yang ditentukan untuk pergi liburan. Berinvestasi juga membantumu mengumpulkan dana yang lebih cepat. Buat kamu para pemula, pilihlah jenis investasi yang memiliki risiko rendah. Kamu dapat memilih beragam instrumen investasi yang cocok untuk pemula, seperti reksa dana dan emas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Investasi yang Aman dan Rutin di Blibli Invest

Di era digital saat ini, berbagai aktivitas finansial dapat dilakukan secara daring dengan mengandalkan internet dan platform yang tersedia. Hal itu dibuktikan oleh survei yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022 yang mencatat bahwa orang Indonesia membuat kemajuan inklusi keuangan yang mencapai 85,10% dibanding tahun 2021. 

Itu artinya, dimanapun mereka berada, dapat mengakses layanan keuangan dengan menggunakan teknologi digital. Banyak kemudahan yang ditawarkan mulai dari belanja, pembayaran, sampai cara mengelola keuangan termasuk investasi. 

Reksa dana dan emas adalah dua instrumen investasi yang menjadi primadona karena dinilai relatif aman bagi para pemula. Berdasarkan survei Populix pada 2021 diketahui bahwa reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari 55 persen Gen Z karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan memiliki risiko rendah. Dari survei yang sama, ditemukan bahwa sebanyak 16 persen orang berinvestasi dengan tujuan untuk rencana liburan.  

Sementara untuk generasi milenial dan Gen X cenderung berinvestasi pada emas batangan 49 persen dan emas perhiasan 42 persen. Kedua instrumen investasi seperti reksa dana dan emas dipilih karena dinilai sebagai aset safe haven yang stabil, di tengah ketidakpastian ekonomi. 

Nah, buat kamu yang baru mau mencoba investasi di reksa dana atau emas, dapat melakukannya lewat Blibli Invest.

Blibli Invest adalah salah satu produk dari Blibli yang bekerjasama dengan PT Pluang Emas Sejahtera yang berizin dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Sementara itu, Bibit.id merupakan aplikasi investasi reksa dana yang telah dipercaya oleh lebih dari empat juta pengguna di >500 kota di Indonesia serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Ada tiga alasan mengapa kamu harus berinvestasi secara rutin di Blibli Invest, yaitu: 

3 dari 5 halaman

1. Pasti Aman

Blibli Invest penuhi kebutuhanmu untuk pilihan investasi yang aman sesuai profil risiko kamu, didukung ekosistem Blibli yang terintegrasi dan pasti aman. Dengan berinvestasi reksa dana atau emas di Blibli Invest, kamu dapat mengelola kebutuhan keuangan dalam satu platform, dengan layanan pelanggan yang andal 24/7. 

 

4 dari 5 halaman

2. Pasti Mudah

Blibli Invest memberi kemudahan investasi kapanpun mulai dari Rp10 ribu, dengan fleksibilitas pencairan dalam genggaman. Kamu bisa beli dan jual instrumen investasimu kapan saja. Menariknya lagi, menggunakan Blibli Invest, kamu bisa mendapat banyak hadiah melimpah dari Blibli dan cashback dari pembelanjaan di Blibli bisa digunakan untuk investasi di Emas Digital dan Reksa Dana. 

 

5 dari 5 halaman

3. Pasti Lengkap

Memilih Blibli Invest sebagai platform yang memberi banyak manfaat dan menyediakan produk yang lengkap bagi pengguna. No admin fee, kamu bisa mendapat cashback saat transaksi pertama, mendapat loyalty point, dan voucher menarik lainnya. Apalagi sekarang sudah ada poin loyalitas universal yang kamu bisa gunakan di Blibli dan tiket.com! Nabung reksa dana, poinnya bisa kamu belikan tiket pesawat untuk liburan atau beli barang kebutuhan sehari-hari. Rewarding sekali kan!

So, buat kamu yang baru pertama investasi di Blibli Invest bisa dapatkan cashback. Tunggu apalagi, buruan gaspol investasi di Blibli Invest di sini. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini