Sukses

Deretan Batu Permata Termahal di Dunia Berharga Fantastis

Kelangkaan dan keindahan batu permata membuatnya sangat berharga dan harganya bisa melambung di pelelangan. Berinvestasi dalam batu permata bisa menjadi langkah cerdas. Sebab, batu permata tidak hanya berharga nilainya, tetapi juga bisa menjadi tambahan yang indah untuk koleksi apa pun. Berikut daftar batu permata termahal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kelangkaan dan keindahan batu permata membuatnya sangat berharga dan harganya bisa melambung di pelelangan. Berinvestasi dalam batu permata bisa menjadi langkah cerdas. Sebab, batu permata tidak hanya berharga nilainya, tetapi juga bisa menjadi tambahan yang indah untuk koleksi apa pun.

Tidak seperti jenis investasi lainnya, seperti saham atau real estate, batu permata merupakan aset berwujud yang dapat dipegang dan dinikmati. Mereka juga relatif stabil nilainya dan bisa menjadi lindung nilai yang baik terhadap inflasi.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap tingginya nilai batu permata. Salah satu yang paling penting adalah kelangkaan. Beberapa jenis batu permata sangat langka dan hanya dapat ditemukan di beberapa lokasi di seluruh dunia. Kelangkaan ini dapat mendongkrak harga karena kolektor dan investor bersaing untuk mendapatkan batu mulia tersebut.

Faktor lainnya adalah kualitas batu permata itu sendiri. Batu permata dinilai berdasarkan sejumlah kriteria, termasuk warna, kejernihan, dan potongan. Batu permata yang dipotong sempurna dengan warna cerah akan jauh lebih berharga daripada batu dengan inklusi yang terlihat atau warna kusam.

Jika Anda seorang kolektor atau investor, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan menambahkan batu permata ke dalam portofolio. Dengan kelangkaan, keindahan, dan nilainya, batu mulia ini benar-benar tak ternilai harganya. Dengan lebih dari 200 jenis batu permata yang pernah tercatat, inilah yang termahal di dunia seperti melansir prestigeonline.com, Rabu (28/3/2023).

Berlian Putih

Harga: hingga USD 15.000 per karat

Dimulai dengan sahabat setiap gadis, berlian ini menjadi harta karun yang ada di mana-mana yang mendapatkan ketenaran melalui pertunangan Archduke Maximillian dari Austria dengan Mary of Burgundy pada 1477. Dia menugaskan cincin pertunangan berlian pertama yang tercatat, dan segera, setiap bangsawan Eropa bergabung tren ini. Sampai hari ini, masih menjadi tradisi untuk menghadiahkan wanita dengan cincin berlian untuk menandakan komitmen pasangan satu sama lain.

Berlian putih paling berharga yang pernah ada adalah Kohinoor, sedemikian rupa sehingga benar-benar tidak memiliki label harga. Berarti "Gunung Cahaya" dalam bahasa Persia, berlian itu memiliki banyak kontroversi, mulai dari penemuannya hingga kepemilikannya saat ini. Bagian dari Permata Mahkota Britania Raya, Kohinoor berasal dari India. Negara-negara seperti India, Pakistan, dan Afghanistan telah mengklaim kepemilikan dan menuntut pengembaliannya, tetapi pemerintah Inggris telah membantah klaim tersebut, mencatat bahwa itu diperoleh secara legal.

Berlian Kuning

Harga: hingga USD 16.000 per karat

Meskipun mungkin termasuk berlian berwarna yang paling banyak ditemukan, berlian kuning masih termasuk batu permata termahal di dunia. Rona yang paling dicari adalah kuning kenari, yang secara resmi diklasifikasikan sebagai berlian kuning mewah murni, dan harganya bisa mencapai USD 16.000 per karat.

Yang termahal hingga saat ini adalah berlian Graff Vivid Yellow, dijual seharga USD 16,3 juta untuk 100,09 karat. Namun, sebelum pelelangannya, para analis memperkirakan karya tersebut akan dijual dengan harga USD 21 juta.

Kaliber serupa adalah Tiffany Yellow Diamond, salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan. Berada secara permanen di toko andalan Tiffany & Co. di New York City, berlian ini hanya dipakai oleh empat wanita. Mereka ialah diplomat Amerika Mary Whitehouse di Tiffany Ball tahun 1975; Audrey Hepburn untuk Sarapan di Tiffany's ; Lady Gaga di Academy Award ke-91; dan Beyonce—wanita kulit hitam pertama yang menghiasi permata ini—bekerja sama dengan Tiffany.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serendibite

Harga: hingga USD 18.000 per karat

Ditemukan pertama kali pada 1902 di Sri Lanka, batu mulia ini terakhir kali terdeteksi di daerah Mogok Myanmar. Serendibite adalah kombinasi dari kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron dan oksigen. Meskipun tidak terlihat seperti batu berharga lainnya, serendibite benar-benar merupakan batu permata yang langka. Bahkan, sangat jarang bahwa itu hanya pernah ditambang tiga kali, dengan semua spesimen masing-masing berukuran di bawah satu karat. Serendibites dapat memancarkan berbagai warna, biru tua, hitam, bahkan hijau. Yang ditambang dari Sri Lanka juga bisa datang dalam rona ungu-biru yang menarik.

Grandidierit

Harga: hingga USD 20.000 per karat

Permata tak ternilai ini awalnya ditemukan di Madagaskar Selatan. Tergantung pada bagaimana melihat batu ini, Anda mungkin melihat dunia warna bervariasi dari hijau kebiruan, dan hijau tua, bahkan kuning pucat. Meskipun merupakan pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat, perhiasan yang terbuat dari batu berharga ini sangat sedikit dan jarang, dengan versi sintetis yang dibuat hanya untuk tujuan penelitian.

Meskipun kekerasannya membuatnya cocok untuk perhiasan, tidak banyak batu berkualitas permata yang ditambang dari endapannya. Jadi menemukan perhiasan yang dibuat dengan batu mahal ini akan menjadi barang langka.

Painite

Harga: hingga USD 60.000 per karat

Batu permata non-berlian yang paling mahal adalah painite, dan hanya sedikit yang pernah mendengarnya. Mengatakan bahwa bijou berwarna bata ini langka adalah pernyataan yang meremehkan. Sejak penemuannya pada 1951, dekade berikutnya hanya terlihat dua spesimen. Baru-baru ini, dua tambang dibuka di Myanmar yang didedikasikan untuk painite, tetapi masih jarang, dengan hanya kurang dari 1,00 batu permata. Ini bukan hanya batu permata paling langka di Bumi—itu juga mineral paling langka.

Alexandrite

Harga: hingga USD 70.000 per karat

Pertama kali ditemukan di Rusia, harga Alexandrite bervariasi menurut ukurannya. Karena potongan yang lebih besar jarang terjadi, harganya bisa naik secara eksponensial. Sebagai permulaan, potongan yang lebih kecil dapat mencapai harga USD 15.000 per pop. Meski batu ini telah ditemukan di daerah lain, seperti Tanzania dan Sri Lanka, ukurannya tetap menjadi faktor harga.

Yang terbesar hingga saat ini — dengan 65,7 karat — kini disimpan di Smithsonian Institute. Anda dapat menggunakan imajinasi mengenai harga penemuan bersejarah ini, tetapi kemungkinan besar tinggal di Smithsonian.

 

3 dari 3 halaman

Zamrud

Harga: hingga USD 305.000 per karat

Ditandai sebagai batu kelahiran bulan Mei, batu yang terkenal ini menjadi salah satu batu permata termahal di dunia. Meskipun mungkin terlihat biasa, tapi tetap punya label harga terbesar. Dengan rona hijaunya yang menawan, tidak mengherankan jika batu permata yang didambakan ini telah menjadi salah satu batu berharga dunia untuk menghiasi diri mereka.

Banyak di pasar menampilkan ketidaksempurnaan kecil. Zamrud tanpa cacat langka, dan ketika ditemukan, biasanya dijual dengan harga yang luar biasa. Salah satunya adalah Rockefeller Emerald, batu 18,04 karat yang dibeli oleh John D. Rockefeller untuk istrinya. Itu kemudian menemukan dirinya di meja lelang Christie dan dijual dengan memecahkan rekor USD 5,5 juta.

Berlian Merah

Harga: hingga USD 1 juta per karat

Merah adalah warna paling langka untuk berlian, yang bisa muncul dalam warna pelangi. Karena kelangkaannya, berlian merah dengan mudah menjadi salah satu batu permata termahal di dunia. Hingga saat ini, hanya ada sekitar 20-30 berlian merah yang ada. Warna pada berlian biasanya merupakan efek samping dari ketidakmurnian. Namun, untuk berlian merah dan merah muda, warna ini berasal dari cacat kecil pada struktur kisi.

Berlian merah terbesar yang pernah dijual dijual dengan harga yang sangat mahal yaitu USD 8 juta, dengan harga USD 1,6 juta per karat.

Berlian Merah Muda

Harga: hingga USD 1,19 juta per karat

Mirip dengan berlian merah, berlian merah muda juga mendapatkan warnanya dari cacat kecil. Sebagian besar ditambang Argyle di Australia, berlian ini sangat didambakan karena rona merahnya yang romantis. Meskipun harga batu permata ini bisa sangat mahal, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat saat berlian ditambang di luar tambang Argyle.

Berlian merah muda termahal yang dijual dihargai USD 57,7 juta di lelang Sotheby's Hong Kong pada Oktober 2022. Dijuluki Williamson Pink Star, berlian berbentuk bantal ini tercatat memiliki nada "fancy vivid pink" dan "internally flawless”.

Berlian biru

Harga: hingga USD 3,93 juta per karat

Anda tidak akan dapat menemukan berlian biru di luar rumah lelang—seberapa langka batu permata ini. Dan ketika itu dijadwalkan untuk dilelang, sejumlah kolektor dan pembeli pribadi akan berkerumun untuk mendapatkan kesempatan menambahkannya ke koleksi mereka. Hanya ada beberapa tambang di dunia yang menambang berlian biru—Australia, India, dan Afrika Selatan.

Berlian biru termahal sejauh ini adalah Oppenheimer Blue Diamond, yang dijual dengan harga USD 57,5 juta. Di sisi lain, yang paling terkenal saat ini tinggal di Smithsonian. Hope Diamond memiliki berat 45,2 karat dan memiliki perkiraan harga USD 250 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.