Sukses

867.148 Tiket KA Jarak Jauh Mudik Lebaran Sudah Terjual, 3 Rute Ludes 100 Persen

Terdapat tiga rute perjalanan KA Jarak Jauh yang angka penjualannya sudah ludes 100 persen. Salah satunya KA Airlangga rute Jakarta Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi dan sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI (Persero) menginformasikan update penjualan tiket kereta api lebaran untuk rute jarak jauh. Berdasarkan data per Sabtu (18/3/2023) pukul 11.00 WIB, sebanyak 867.148 tiket atau 34,3 persen tiket KA Jarak Jauh sudah ludes terjual.

Jumlah itu merupakan pembelian tiket KA Jarak Jauh yang dijual pada masa angkutan Lebaran 2023 untuk periode 12 April-2 Mei 2023, dari total keseluruhan yang disediakan sebanyak 2.527.785 tiket.

"Pada saat ini, masyarakat sudah bisa memesan tiket untuk arus balik pada tanggal 2 Mei 2023. Jumlah tersebut (angka pembelian tiket KA Lebaran 2023) masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," ujar VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus dalam keterangan resminya, Sabtu (18/3/2023).

Joni mengabarkan, untuk relasi favorit angkutan kereta sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta/Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

"Untuk periode setelah Lebaran, didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta/Bandung)," tulisnya.

Sejauh ini, terdapat tiga rute perjalanan KA Jarak Jauh yang angka penjualannya sudah ludes 100 persen. Antara lain, KA Airlangga rute Jakarta Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi dan sebaliknya, KA Kahuripan rute Bandung Kiaracondong-Blitar dan sebaliknya, serta KA Bengawan rute Jakarta Pasar Senen-Solo Purwosari dan sebaliknya.

Selain itu, dua rute lain yang masuk 5 okupansi terbesar yakni KA Sri Tanjung rute Yogyakarta Lempuyangan-Banyuwangi Ketapang dan sebaliknya (98,36 persen), serta KA Pasundan Tambahan rute Bandung Kiaracondong-Surabaya Gubeng dan sebaliknya (89,15 persen).

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan, di antaranya pada 20 April 2023 dengan okupansi sudah 60 persen. Kemudian pada 21 April 2023 dengan okupansi 57 persen, dan 26 April 2023 sebesar 51 persen.

Melihat situasi tersebut, Joni dan PT KAI (Persero) berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. Pasalnya, tiket KA masa angkutan Lebaran 2023 masih cukup banyak tersedia.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenhub Tambah 46 Kereta Api Mudik Lebaran, Total 503 Angkutan per Hari

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan sejumlah moda transportasi tambahan guna menopang angkutan mudik Lebaran 2023. Salah satunya kereta api atau KA jarak jauh.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 56 kereta api tambahan untuk armada mudik.

"Ada (tambahan) dari 453 tambahannya 56. Jadi total 509 kereta api per hari yang kita siapkan," ujar Djarot di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Sebanyak 509 unit kereta api itu, kata Djarot, bukan hanya dioperasikan untuk Pulau Jawa saja, tapi seluruh wilayah yang sudah tersambung jaringan perkeretaapian.

Khusus untuk angkutan tambahan, ia menyebut penjualan tiketnya akan dibuka bila permintaan terus bertambah. "Memang ada beberapa yang lihat sikon juga," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Berbagai Kereta Api

Adapun jumlah 509 kereta api per hari yang disiapkan terdiri dari KA yang dimiliki PT KAI (Persero). Termasuk KA Ekonomi Merak, Prambanan Ekspres, lokal Daop 2, Lokal Daop 8 yang dikelola oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan KA Bandara YIA yang kelola oleh Railink.

Lebih lanjut, Djarot menyampaikan, antusiasme pengguna untuk menaiki KA jarak jauh untuk musim mudik Lebaran kali ini memang tinggi. Namun, ia menyebut alokasi tiket masih tersedia untuk waktu-waktu tertentu.

"Asal masih ada tempat kita, asal masih ada ya. Sekarang kan pesannya jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya untuk tanggal-tanggal tertentu masih ada," pungkas Djarot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.