Sukses

Daftar Terbaru 10 Wanita Terkaya Dunia, Siapa Paling Tajir?

Menurut data real-time Forbes per 24 Februari 2023, beriku ini deretan miliarder atau wanita terkaya dunia yang hartanya melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya pria, miliarder wanita yang bergelimang harta pun tinggal di bumi ini. Mereka sukses berbisnis hingga mampu meraup harta miliaran, rumah mewah, mobil mahal, dan masih banyak lagi.

Lantas, siapa saja yang kini masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia?

Melansir Gulf News, Rabu (1/3/2023), menurut data real-time Forbes per 24 Februari 2023, beriku ini deretan miliarder wanita yang hartanya melimpah.

10. Abigail Johnson

Kekayaan bersih: USD 21,6 miliar

Abigail Johnson menjabat sebagai CEO Fidelity Investments sejak 2014, ketika dia menggantikan ayahnya, dan menjadi ketua sejak 2016. Kakeknya, Edward Johnson II, mendirikan raksasa reksa dana yang berbasis di Boston pada 1946. Dia diperkirakan memiliki 24,5 persen saham perusahaan, yang memiliki aset terkelola USD 3,7 triliun.

Johnson juga terlibat dalam berbagai organisasi filantropi dan sipil. Dia pun diakui atas kepemimpinan dan kontribusinya pada industri keuangan, termasuk masuk dalam daftar wanita paling kuat di dunia versi Forbes.

9. Iris Fontbona

Kekayaan bersih: USD 22,4 miliar

Iris Fontbona yang menjadi pengusaha miliarder Chili merupakan seorang janda dari Andrónico Luksic Abaroa, seorang pengusaha Chili terkemuka yang membangun kekayaan di bidang pertambangan, perbankan, manufaktur, dan minuman sebelum meninggal karena kanker pada 2005. Fontbona lahir pada 1 Maret 1942, di Antofagasta, Chili. Fontbona mewarisi saham di Antofagasta plc, sebuah perusahaan tambang Chili, yang memiliki tambang tembaga di Chili dan berdagang di Bursa Efek London.

Selain itu, Jean-Paul juga menjadi ketua Antofagasta dan Andrónico mengepalai Quiñenco. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan terus memperluas operasinya dan menjadi salah satu perusahaan tambang tembaga terbesar di dunia.

Fontbona juga terlibat dalam filantropi dan telah menyumbangkan sejumlah besar uang untuk berbagai tujuan, termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan pengentasan kemiskinan. Pada 24 Februari 2023, Forbes memperkirakan kekayaan bersih Iris Fontbona & keluarganya menjadi USD 22,4 miliar, menjadikannya salah satu wanita terkaya dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wanita Terkaya Lainnya

8. Mackenzie Scott

Kekayaan bersih: USD 25 miliar

Mackenzie Scott menjadi seorang penulis Amerika, dermawan, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. Ia lahir pada tanggal 7 April 1970, di San Francisco, California. Scott dikenal karena upaya filantropisnya, terutama dalam mendukung hak-hak perempuan dan persamaan ras.

Pada 2020, dia menyumbangkan miliaran dolar ke berbagai organisasi amal, termasuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam historis, bank makanan, dan organisasi yang mendukung hak-hak perempuan. Scott juga seorang penulis dan telah menerbitkan dua novel: "The Testing of Luther Albright" pada 2005 dan "Traps" pada 2013.

7. Susanne Klatten

Kekayaan bersih: USD 27 miliar

Susanne Klatten menjadi pewaris dan pengusaha wanita miliarder Jerman. Dia lahir pada 28 April 1962, di Bad Homburg, Jerman, dan merupakan putri dari Herbert dan Johanna Quandt. Klatten mewarisi saham di BMW, pembuat mobil Jerman, dari ayahnya, dan sejak itu mendiversifikasi investasinya di berbagai industri, termasuk obat-obatan, bahan kimia, dan energi terbarukan. Klatten juga terlibat dalam filantropi dan telah mendukung berbagai kegiatan, termasuk pendidikan, sains, dan perlindungan lingkungan, melalui yayasannya, Yayasan SK.

6. Gina Rinehart

Kekayaan bersih: USD 29,4 miliar

Gina Rinehart merupakan seorang pengusaha miliarder yang memimpin perusahaan pertambangan milik swasta Hancock Prospecting. Ia lahir pada 9 Februari 1954, di Perth, Australia Barat. Rinehart menjadi mewarisi perusahaan pertambangan ayahnya, yang sejak itu tumbuh menjadi salah satu perusahaan pertambangan terbesar di dunia.

Selain kepentingan pertambangannya, Rinehart juga terlibat dalam pertanian dan media, memiliki saham besar di kedua sektor tersebut di Australia. Dia dianggap sebagai salah satu tokoh paling kuat dan berpengaruh dalam bisnis dan politik Australia.

 

3 dari 4 halaman

5. Miriam Adelson & keluarga

Kekayaan bersih: USD 35 miliar

Miriam Adelson ialah seorang dokter dan dermawan Amerika. Dia lahir pada 10 Oktober 1945, di Tel Aviv, Israel, dan dibesarkan di Haifa. Miriam Adelson menikah dengan Sheldon Adelson, seorang pengusaha miliarder, yang meninggal pada tahun 2021.

Bersama-sama, pasangan itu terlibat dalam berbagai upaya filantropis, termasuk mendukung penelitian medis dan tujuan pendidikan melalui Yayasan Adelson, yang ia dirikan bersama mendiang suaminya.

4. Jacqueline Mars

Kekayaan bersih: USD 38,3 miliar

Jacqueline Mars menjadi pewaris dan pengusaha wanita Amerika. Dia lahir pada 10 Oktober 1939, di Newark, New Jersey, dan merupakan cucu dari Frank C. Mars, pendiri perusahaan permen Mars.

Mars menjabat sebagai dewan direksi Mars, Inc. selama bertahun-tahun dan terlibat dalam berbagai aspek operasi perusahaan, termasuk pemasaran dan pengembangan produk. Dia juga seorang penunggang kuda yang ulung dan telah terlibat dalam pembiakan dan balap kuda selama bertahun-tahun. Mars dikenal karena upaya filantropisnya, khususnya di bidang kesejahteraan hewan dan konservasi lingkungan. Dia telah mendukung berbagai organisasi dan penyebab, termasuk World Wildlife Fund dan Kebun Binatang Nasional Smithsonian.

3. Alice Walton

Kekayaan bersih: USD 58,7 miliar

Alice Walton menjadi ahli waris Amerika dan putri pendiri Walmart Sam Walton. Dia lahir pada 7 Oktober 1949, di Newport, Arkansas, dan merupakan wanita terkaya ketiga di dunia, menurut Forbes. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Walton bekerja sebagai analis ekuitas dan pengelola uang selama beberapa tahun sebelum beralih ke seni mengoleksi.

Dia adalah seorang kolektor seni besar dan mendirikan Crystal Bridges Museum of American Art di Bentonville, Arkansas, yang dibuka pada 2011. Pada September 2021 (periksa pembaruan 2023), Forbes memperkirakan kekayaan bersih Alice Walton menjadi USD 62,2 miliar.

 

4 dari 4 halaman

2. Julia Koch & keluarga

Kekayaan bersih: USD 59 miliar

Julia Koch menjadi wanita pengusaha dan dermawan miliarder Amerika. Dia lahir pada 1962 di Iowa dan merupakan janda industrialis dan filantropis David Koch, yang merupakan salah satu pemilik Koch Industries, sebuah konglomerat multinasional.

Setelah kematian suaminya pada 2019, Julia Koch mewarisi sebagian besar kekayaannya, menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia. Dia juga pendiri dan ketua David H. Koch Center for Cancer Care di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City, yang dinamai menurut nama mendiang suaminya.

Koch bahkan terlibat dalam beberapa upaya filantropi lainnya, termasuk mendukung pendidikan, seni dan budaya, serta penelitian medis.

1. Françoise Bettencourt Meyers

Kekayaan bersih: USD 79,1 miliar

Françoise Bettencourt Meyers yang menjadi pewaris miliarder Perancis dan wanita terkaya di dunia, menurut Forbes. Lahir pada 10 Juli 1953, di Neuilly-sur-Seine, Prancis, ia merupakan putri tunggal dari Liliane Bettencourt, mendiang pengusaha Prancis dan pewaris L'Oréal, perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia.

Setelah kematian ibunya pada 2017, Bettencourt Meyers mewarisi 33 persen saham ibunya di L'Oréal, yang bernilai sekitar USD 70 miliar. Dia juga menjadi presiden Yayasan Bettencourt Schueller, yang terlibat dalam upaya filantropis di bidang-bidang seperti penelitian ilmiah, bantuan kemanusiaan, dan warisan budaya dan seni.

Selain itu, Bettencourt Meyers telah menulis beberapa buku. Pada 24 Februari 2023, Forbes menempatkan Françoise Bettencourt Meyers sebagai wanita terkaya di dunia posisi puncak. Dia juga berada di nomor 10 dalam daftar orang terkaya di dunia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.