Sukses

Harta Orang Tajir di Hong Kong Turun, Ini Daftar 10 Miliarder Terbarunya

Kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya Hong Kong turun menjadi USD 324 miliar dari USD 328 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian Hong Kong mengalami kontraksi sebesar 3,5 persen pada 2022. Hal itu pun berimbas pada miliarder di sana yang harta kekayaannya ikut menurun secara kolektif menjadi USD 324 miliar atau sekitar Rp 4.921 triliun.

Penurunan ekonomi Hong Kong disebabkan karena gangguan ekspor dan permintaan domestik yang lebih lemah. Akan tetapi, prospek pemulihan berubah positif karena pembatasan pandemi mulai mereda ketika akhir tahun lalu dan perjalanan bebas karantina dilanjutkan pada Januari setelah jeda tiga tahun.

Sementara benchmark indeks Hang Seng turun 12 persen sejak terakhir Forbes mengukur kekayaan setahun yang lalu.

Melansir Forbes, Kamis (23/2/2023), kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya Hong Kong turun menjadi USD 324 miliar dari USD 328 miliar.

3 Besar

Di urutan puncak, Li Ka-shing masih mempertahankan posisinya dengan harta USD 39 miliar, naik USD 3 miliar dari tahun lalu berkat informasi baru tentang asetnya. Disusul taipan real estat Lee Shau Kee yang berada di posisi kedua, kekayaan bersihnya turun 11 persen menjadi USD 30,3 miliar di pasar properti yang melemah.

Adapun yang menempati posisi tiga besar sejak 2020 ialah Henry Cheng, putra mendiang raja Cheng Yu-tung . Kekayaannya naik USD 2,5 miliar menjadi USD 28,9 miliar. Hal itu karena meningkatnya permintaan perhiasan emas mengangkat saham Grup Perhiasan Chow Tai Fook miliknya hampir 20 persen.

Perolehan terbesar dalam hal persentase adalah Jean Salata, yang kekayaannya berlipat ganda menjadi USD 5,9 miliar setelah menjual Baring Private Equity Asia miliknya pada Oktober lalu ke raksasa ekuitas swasta EQT yang berbasis di Stockholm. Adapula yang senasib yaitu taipan pengiriman Helmut Sohmen.

Wajah Baru

Sementara satu-satunya wajah baru yang masuk daftar orang terkaya Hong Kong ialah co-chairman pengembang properti Hip Shing Hong Group David Fong, yang menggantikan mendiang ayahnya Fong Yun Wah.

Selain itu, ada lagi saudara laki-laki Victor dan William Fung, yang anak perusahaan raksasa rantai pasokan Li & Fung diakuisisi Agustus lalu oleh raksasa perkapalan Denmark AP Moller-Maersk dengan nilai perusahaan sebesar USD 3,6 miliar. Dia kembali ke peringkat setelah selang waktu empat tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Miliarder

Selain nama-nama tersebut, tentu masih ada lagi yang lainnya. Untuk mengetahuinya, berikut ini daftar miliarder Hong Kong 2023 versi Forbes.

10. Fransiskus Choi

Kekayaan: USD 8,2 miliar

Sumber: Perumahan

9. Joseph Tsai

Kekayaan: USD 8,5 miliar

Sumber: Teknologi

8. Joseph Lau

Kekayaan: USD 13,2 miliar

Sumber: Perumahan

7. Lui Che Woo

Kekayaan: USD 14,9 miliar

Sumber: Perjudian dan Kasino

6. Kwong Siu-hing

Kekayaan: USD 15,2 miliar

Sumber: Perumahan

5. Peter Woo

Kekayaan: USD 16,9 miliar

Sumber: Perumahan

4. Lee Bersaudara

Kekayaan: USD 19,3 miliar

Sumber: Makanan dan Minuman

3. Henry Cheng dan Keluarga

Kekayaan: USD 28,9 miliar

Sumber: Diversifikasi

2. Lee Shau Kee

Kekayaan: USD 30,3 miliar

Sumber: Perumahan

1. Li Ka-shing

Kekayaan: USD 39 miliar

Sumber: Diversifikasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.