Sukses

DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Deputi Gubernur BI Hari Ini, Simak Profilnya

Terdapat dua kandidat Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggantikan Dody Budi Waluyo.

Liputan6.com, Jakarta - DPR akan melakukan Fit and Proper Test atau uji kelayakan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada hari ini Senin (13/2/2023). Uji kelayakan yang dilakukan pada hari ini untuk menggantikan posisi Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya akan habis pada April 2023.

Terdapat dua kandidat Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggantikan Dody Budi Waluyo. Kedua Calon tersebut adalah nama Filianingsih Hendarta dan Dwi Pranoto.

Diketahui, kedua calon tersebut berasal dari internal Bank Indonesia. Filianingsih saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, dan Dwi Pranoto menjabat sebagai Kepala Departemen Regional.

Berdasarkan Undang-Undang Bank Indonesia, penentuan calon deputi gubernur diusulkan oleh Presiden sebagaimana rekomendasi dari Gubernur BI untuk masa jabatan lima tahun.

Fit and proper test keduanya akan dilaksanakan pada waktu yang berbeda. Untuk Filianingsih, fit and proper test akan dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB. Sedangkan fit and proper test untuk Dwi akan dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB.

Fit and proper test diselenggarakan di gedung DPR RI di Jakarta.

Berikut profil dua calon deputi Gubernur BI yang baru, dilansir dari laman Bank Indonesia, Senin (13/2/2023):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Filianingsih Hendarta

Filianingsih merupakan perempuan kelahiran tahun 1963, lahir di Surabaya. Dia menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Kemudian mendapatkan gelar Master di bidang Economics and Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992.

Perempuan yang akrab disapa Fili ini mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1986. Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. Fili pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

 

3 dari 3 halaman

2. Dwi Pranoto

Dwi Pranoto lahir di Jakarta pada tahun 1963. Lelaki berusia 60 tahun ini telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknik Industri Institut Teknologi Bandung pada tahun 1986.

Kemudian, dia mendapatkan gelar master di bidang Business Management di Asian Institute of Management pada tahun 1993.

Sama halnya dengan Filianingsih, Dwi merupakan orang lama di Bank Indonesia, dia mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1988. Bahkan Dwi Pranoto pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Wilayah III (2012-2013), Kepala Perwakilan BI Wilayah IV (2013-2014), Kepala Departemen Regional II (2014-2019) dan sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Regional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.