Sukses

Erick Thohir Usut Tuntas Dugaan Joki di Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

Menteri BUMN Erick Thohir langsung memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti dugaan kecurangan di Rekrutmen Bersama BUMN batch 2. Menyusul adanya dugaan joki dalam tes bahasa Inggris rekrutmen tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir langsung memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti dugaan kecurangan di Rekrutmen Bersama BUMN batch 2. Menyusul adanya dugaan joki dalam tes bahasa Inggris rekrutmen tersebut.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan kalau Erick Thohir langsung memerintahkan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Deputi bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian BUMN Tedi Bharata untuk menindaklanjuti.

"Kami langsung menindaklanjuti (dugaan kasus yang) ramai dan pak Erick langsung memerintahkan kepada jajaran baik deputi SDM maupun FHCI untuk secepatnya menuntaskan hal ini. Dan kalau memang perlu ditindak, ditindak," kata dia kepada wartawan, ditulis Senin (16/1/2023).

Dia menyebut kalau ini jadi langkah gerak cepat dari Kementerian BUMN selaku penyelenggara. Bahkan, FHCI diakui memiliki sistem yang bisa mendeteksi kecuranan.

"FHCI ini punya metode yang membuat rekrutmen BUMN itu kalau ada yang pakai joki ketahuan juga. Jadi semua akan kita tindak lanjuti," sambungnya.

Diketahui, soal dugaan joki dlaam Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 ini ramai diperbincangkan warganet di media sosial Twitter. Tidak sedikit yang membagikan bukti-bukti kecurangan yang terjadi.

Arya mengungkap, kalau Erick Thohir kecewa atas dugaan praktik joki ini. Apalagi, yang bersangkutan merupakan karyawan di salah satu BUMN.

"Jadi pak Erick itu kecewa, kok bisa, apalagi beliau melihat bahwa jadi karyawan BUMN aja sudah joki atau langkah-langkah yang tak benar. Gimana di bumn nya ketika bekerja? Jadi pak Erick minta kemarin dituntaskan semua itu persoalan-persoalan ini," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengawasan Publik

Lebih lanjut, Arya menerangkan kalau perhatian masyarakat ini jadi salah satu bentuk pengawasan publik terhadap proses rekrutmen. Utamanya dengan memberikan masukan-masukan terkait kejadian dalam proses rekrutmen.

"Kami senang sekarang menunjukkan bahwa perekrutan karyawan BUMN itu sangat transparan sehingga semua masyarakat ikut bisa memelototi dan ikut bisa memberikan masukan terhadap proses rekrutmen BUMN," kata dia.

"Ini transparansi yang kita juga senang ternyata may jg merespon proses masuknya penerimaan karyawan BUMN," tambah Arya.

Lewat transparansi dan partisipasi publik terhadpa dugaan kecurangan, Arya memandang kalau BUMN ternyata jadi makin diminati masyarakat. Termasuk soal kriteria orang-orang yang bisa masuk ke BUMN.

"Ini menunjukkan bahwa BUMN ini makin lama makin menarik dan masyarakat melihat bahwa yang masuk BUMN itu memang harus orang-orang yang memang punya akhlak dan juga dari dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak benar untuk bisa masuk jadi karyawan BUMN," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Hasil TKD Rekrutmen Bersama

Proses seleksi lanjutan dari rekrutmen bersama BUMN batch 2 telah diumumkan. Kini sejumlah peserta yang lolos berhak mengikutip tes bahasa inggris secara online.

Tahapan dalam rekrutmenBUMN ini adalah kelanjutan setelah peserta lolos dari tes kemampuan dasar (TKD) dan tes Akhlak. Kedua tes ini dijalankan pada 16 Desember 2022 lalu.

Jika peserta berhasil lolos sesuai kriteria tes sebelumnya, maka berhak untuk ikut tes bahasa inggris sebagai langkah lanjutan. Pihak Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN secara otomatis telah mengirimkan email hasil seleksi ke masing-masing peserta.

"Halo #SobatBUMN #SobatFHCI! Kami sarankan untuk cek email dan inbox situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2 secara berkala, ya," tulis pengumuman tersebut.

Pengumuman ini telah disampaikan sejak 7 Januari 2023, kemari. Pengiriman hasil seleksi telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB kemarin.

"Karena sistem akan mulai mengirimkan email pengumuman secara bertahap dimulai pukul 14.00 WIB hingga malam nanti," seperti tertulis.

Tes ini merupakan salah satu syarat yang perlu dilalui oleh peserta Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2. Nanti nya masih ada rangkaian tes lagi sebelum dinyatakan lolos semua tes.

 

4 dari 4 halaman

BUMN Hadir

Menteri BUMN Erick Thohir melihat fenomena minimnya lapangan kerja saat pandemi Covid-19. Maka, dia memfokuskan bisnis BUMN untuk membuka lapangan kerja setelahnya.

Erick menegaskan capaian baik kinerja perusahaan pelat merah harus sejalan dengan pertumbuhan lapangan kerja.

"Sejak pandemi, lapangan kerja menjadi salah satu isu yang harus kita atasi. BUMN tentu harus hadir di saat masyarakat tengah memerlukan bantuan," ujar Erick dalam keterangannya, Rabu (14/12/2022).

Dia meminta BUMN tidak berpuas diri atas sejumlah pencapaian positif, termasuk telah menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 45 juta orang di luar sektor formal. Yakni meliputi 32,1 juta nasabah kredit usaha rakyat BRI, 12,7 juta pekerja sektor UMKM di PNM Mekaar, 439 ribu tenaga kerja penggarap desa hutan, 163.761 petani yang tergabung di Program Makmur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.