Sukses

Bernard Arnault Salip Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapakah Dia?

Dia merupakan CEO sekaligus pendiri LVMH. Bisa dibilang Arnault ini ialah konglomerat barang mewah yang dikenal mengoperasikan merek ikonik seperti Louis Vuitton, Tiffany, dan Christian Dior.

Liputan6.com, Jakarta Disaat Elon Musk menjadi orang pertama dalam sejarah kehilangan kekayaan bersih lebih dari USD 200 miliar. Bernard Arnault justru semakin tajir.

Beberapa orang mungkin belum tahu tentang Bernard Arnault. Lantas, siapakah dia sebenarnya?

Dia merupakan CEO sekaligus pendiri LVMH. Bisa dibilang Arnault ini ialah konglomerat barang mewah yang dikenal mengoperasikan merek ikonik seperti Louis Vuitton, Tiffany, dan Christian Dior.

Arnault melewati Musk untuk menjadi orang paling kaya di dunia bulan lalu. Dia masih memegang gelar itu hingga hari ini, menurut perkiraan dari Forbes dan Bloomberg.

Melansir CNBC, Minggu (8/1/2023), Forbes mematok kekayaan bersihnya sebesar USD 191 miliar, sementara Bloomberg memperkiraan yang lebih konservatif sebesar USD 172 miliar.

Ternyata rahasia menjadi miliarder selama bertahun-tahun ini dan orang terkaya di dunia dia pelajari dari Steve Jobs dan Warren Buffett untuk membangun kekayaan dan naik peringkat.

Siapakah Arnault?

Nama multimiliuner asal Prancis ini begitu terdengar menarik. Dia telah menjadi pemain tetap di dekat puncak peringkat orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun, bahkan merebut posisi teratas dari Jeff Bezos dari Amazon baru-baru ini pada tahun 2021 sebelum pindah ke Musk.

Putra seorang raja konstruksi, Arnault mengambil alih perusahaan ayahnya pada tahun 1970-an dan akhirnya beralih ke real estat sebelum beralih ke tekstil dan ritel.

Pada tahun 1985, dia mulai membangun LVMH dengan mengambil USD 15 juta dari bisnis keluarganya untuk membeli Christian Dior dari pemiliknya yang bangkrut. Dia masih memegang 97,5 persen saham di rumah mode mewah Prancis yang ikonik itu.

Selama tiga dekade lebih berikutnya, Arnault memperluas kerajaan ritel mewahnya dengan membantu menggabungkan Louis Vuitton dengan perusahaan minuman keras Moët Hennessy dan mengambil saham pengendali di perusahaan induk yang dihasilkan, yang disebut LVMH.

Saat ini, dia mengendalikan kira-kira setengah dari LVMH, yang memiliki penilaian pasar hampir USD 390 miliar. Itu mencatat penjualan hampir USD 60 miliar selama 9 bulan pertama tahun 2022.

Arnault sering memeriksa lokasi ritel merek LVMH dan pesaingnya, dilaporkan mengunjungi hingga 25 lokasi dalam beberapa hari. Dia juga secara terbuka merasa bangga dalam mempertahankan dan mengembangkan beberapa merek dan desainer Prancis yang paling ikonik.

“Saya melihat diri saya sebagai duta warisan Prancis dan budaya Prancis,” katanya kepada Forbes pada 2010. “Apa yang kami buat adalah lambang.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Dia Menjadi Orang Terkaya di Dunia

Kenaikan Arnault baru-baru ini ke peringkat teratas miliarder bertepatan dengan penguapan cepat sebagian besar kekayaan Musk, menyusul pengambilalihan Twitter oleh CEO Tesla dan SpaceX pada Oktober 2022.

Di tengah gejolak pasar global, kekayaan Arnault cukup stabil dalam beberapa bulan terakhir. Sebagian besar kekayaan Arnault terkait dengan saham LVMH, dan sejak 2020, harga saham perusahaan telah tumbuh hampir 65 persen secara keseluruhan.

Sejalan dengan itu, kekayaan pribadi Arnault telah tumbuh puluhan miliar dolar selama periode itu. Forbes memperkirakan kekayaan Arnault meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD 150 miliar tahun lalu, naik dari USD 76 miliar pada tahun 2020, karena permintaan barang mewah meningkat setelah penurunan awal pandemi.

 

 

3 dari 3 halaman

Inspirasi Bisnis Terbesar

Arnault menyebut salah satu miliarder sebagai inspirasi bisnis terbesarnya ialah ketua dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Investor terkenal itu menjadi “orang yang paling saya kagumi dalam bisnis”, kata Arnault kepada Forbes pada tahun 2017. Dia menambahkan, “Dia adalah investor jangka panjang dan memiliki ide cemerlang dan dia berpegang teguh pada ide tersebut.”

Buffett terkenal berpegang teguh pada strategi investasi “beli-dan-tahan” sehingga mengajarkan kesabaran jangka panjang untuk mengawasi pasar dari hari ke hari.

Demikian pula, Arnault menyebut kesabaran sebagai “kualitas penting” dalam bisnis. Dia dilaporkan mendekati merek perhiasan Italia Bulgari selama satu dekade sebelum menerkam ketika merek tersebut sedang berjuang, mengakuisisi perusahaan tersebut pada tahun 2011.

Namun Arnault tampaknya belum sepenuhnya mengikuti jejak Buffett.

Buffett telah menyumbangkan lebih dari USD 45 miliar kekayaannya untuk amal sejak 2006, menurut Bloomberg. Pada tahun 2010, dia pun ikut mendirikan Giving Pledge, berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya secara filantropis sebelum dia meninggal.

Arnault tidak membuat janji seperti itu , setidaknya di depan umum. Tindakan filantropinya yang paling terkenal terjadi pada tahun 2019, ketika keluarganya menjanjikan sumbangan USD 226 juta untuk membantu pemulihan katedral Notre Dame yang ikonik di Paris, yang mengalami kebakaran dahsyat pada tahun yang sama.

Namun, Buffett bukan satu-satunya ikon bisnis Amerika yang menginspirasi Arnault. CEO LVMH juga mengungkapkan kekagumannya pada salah satu pendiri Apple yaitu Steve Jobs.

Kekaguman itu bahkan mungkin terjadi dua arah. Arnault mengatakan kepada Forbes pada 2017 bahwa Jobs pernah mendekatinya untuk meminta nasihat tentang pembukaan toko ritel Apple.

Jobs berhasil di Apple karena “kombinasi kreativitas dan pemahaman yang tajam tentang bagaimana mengelola pertumbuhan,” kata Arnault kepada Forbes. Menjadi CEO LVMH membutuhkan pendekatan serupa, tambahnya, karena dia harus “mengubah kreativitas menjadi realitas bisnis di seluruh dunia”.

“Untuk melakukan ini, Anda harus terhubung dengan para inovator dan desainer, tetapi juga membuat ide-ide mereka layak huni dan konkret,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.