Sukses

Daftar Titik Lokasi yang Bakal Macet Parah saat Libur Nataru 2023

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengidentifikasi, Jalan Tol Jakarta-Semarang hingga Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni jadi beberapa titik dengan potensi pergerakan orang terbesar selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru, atau Nataru 2023.

Menurut dia, lokasi-lokasi tersebut memang jadi titik langganan kepadatan saat masa libur panjang, seperti yang terjadi pada saat Lebaran 2022 lalu.

"Yang paling krusial, satu Jakarta-Semarang via jalan tol. Kedua ASDP, (Pelabuhan Penyebrangan) Merak-Bakauheni, ketiga (Bandara Internasional) Soekarno-Hatta," ujar Menhub saat ditemui di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan, dikutip Sabtu (3/12/2022).

Menhub menyampaikan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga bakal ramai pergerakan orang selama Nataru 2023, karena tingginya permintaan terbang ke destinasi wisata semisal Bali dan Yogyakarta.

"Kalau nanti Bali tidak maksimalkan, stuck di Soetta, kita juga masalah. Kalau Nataru ini soalnya banyak orang ke Bali dan ke Yogya, tempat mereka libur," imbuh dia.

Tidak hanya via pesawat, kepadatan pengunjung juga bakal terjadi di kapal penyeberangan dari Ketapang, Banyuwangi (Jawa Timur) menuju Gilimanuk, Jembrana (Bali).

Oleh karenanya, Menhub pun meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk ikut bantu peralihan sebelum memasuki pelabuhan, dari moda darat ke moda laut. Perseroan juga diminta untuk memperkuat armada lautnya.

"Satu key yang kita buat, kapal-kapal yang beroperasi pada saat Nataru, mereka itu yang besar dan berkecepatan tinggi. Supaya apa, kapasitasnya tinggi, lebih cepat," kata Menhub.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik Nataru via Kereta Api Diprediksi 23 Desember 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat bahwa tiket kereta api untuk angkutan masa Natal dan Tahun Baru 2022/2023 masih tersedia.

“KAI melihat pergerakan masyarakat untuk periode Natal dan Tahun Baru tahun ini cukup stabil karena Hari Raya Natal tahun ini jatuh pada hari Minggu,” kata Joni dalam keterangannya dikutip dari Antara, Senin (28/11/2022).

Joni menjelaskan, sejak dibuka penjualannya pada 7 November 2022, tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru telah dipesan oleh masyarakat sampai dengan Senin 28 November 2022 adalah sebanyak 254.336 tiket atau masih 12 persen.

Adapun total tiket KA Jarak Jauh yang KAI sediakan pada Natal dan Tahun Baru ini yaitu sebanyak 2.141.942 tiket.

Ia mengatakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia.

Joni menyampaikan, pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, KAI menerapkan masa angkutan Nataru adalah pada 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Sejauh ini tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yaitu pada 23 Desember 2022 untuk arus mudik serta 1 Januari 2023 untuk arus balik.

 

3 dari 4 halaman

Tiket KA Jarak Jauh

Pada perjalanan 23 Desember 2022, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 31.020 tiket.

Pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 90 persen yaitu seperti KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi, KA Mataram relasi Pasarsenen - Solo Balapan, KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar, dan lainnya.

Adapun pada perjalanan 1 Januari 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 23.425 tiket.

Pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 70 persen yaitu seperti KA Serayu relasi Purwokerto - Pasarsenen, KA Bangunkarta relasi Jombang - Pasarsenen, KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir, KA Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong, dan lainnya.

"KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Syarat Naik Kereta

Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

KAI konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

Ia menegaskan, pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api.

KAI optimis jumlah pengguna kereta api di masa angkutan Nataru tahun ini akan mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

"Dengan semakin membaiknya penanganan kasus Covid-19 di tanah air, maka mobilitas masyarakat juga semakin meningkat. Tentunya hal tersebut berimbas pada peningkatan pelanggan di masa nataru 2022/2023," katanya.

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS