Sukses

Hotel dan Restoran Sulit Cari Cuan di Piala Dunia 2022, Ini Alasannya

Menggelar nonton bareng Piala Dunia 2022 bagi pengusaha restoran atau hotel tidak lantas selalu untung. Sebab pengusaha harus juga mengeluarkan modal untuk sarana pendukungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 akan resmi dibuka pada Minggu (20/11/2022). Upacara pembukaan pesta sepak bola akbar empat tahunan itu akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar.

Sebanyak 32 tim, termasuk tuan rumah Qatar telah lolos kualifikasi untuk Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan akan berlangsung dari 21 November hingga 18 Desember.

Pengalaman sebelumnya, acara nonton bareng (nobar) pertandingan sepak bola menjadi satu acara yang banyak dinantikan. Keseruan menonton pertandingan secara ramai-ramai memiliki suasana dan kesan yang berbeda bagi para penyukanya.

"Nobar ini kan memang kita lihat trennya sangat tinggi kalau sebelum pandemi," kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Berbagai kegiatan nonton bareng pertandingan sepak bola ini pun banyak dimanfaatkan pelaku usaha. Mereka mengadakan acara nobar untuk mengundang kedatangan pelanggan dan membeli produk makanan atau minuman yang dijual sebagai teman menyaksikan siaran langsung pertandingan.

"Potensi kenaikan pendapatan pasti ada, karena ada pelanggan yang datang untuk menyaksikan pertandingan sepak bola," kata diam

Hanya saja, Yusran memperkirakan acara nonton bareng kurang diminati. Apalagi pertandingan sepak bola ini bisa disaksikan secara langsung melalui televisi secara gratis atau melalui digital paltform digital.

" Kalau sekarang kanalnya ini kan banyak yah, ada siarannya di rumah atau platform khusus," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Selalu Untung

Terlebih bagi pengusaha restoran dan hotel harus mengurus izin terlebih dulu jika mengajukan lisensi siaran dari pemilik hak siar. Biaya yang perlu dibayarkan tidak murah, bisa mencapai puluhan juta rupiah.

"Kami tahun ini tidak mengakomodir kegiatan nobar bagi PHRI, tapi bagi siapa saja yang mau melakukannya dipersilahkan," kata dia.

Selain itu, menggelar nonton bareng bagi pengusaha restoran atau hotel tidak lantas selalu untung. Sebab pengusaha harus juga mengeluarkan modal untuk sarana pendukungnya.

"Tidak tealu besar sekali (untungnya) karena fasilitas nobar ini ada dimana-mana. Dari sisi hotel buat adakan itu harus ada pembayaran lisensi dan ini enggak murah," kata dia.

"Sementara kami saingannya sama yang gak bayar lisensi. Ini gak bagus juga," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Tonton Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022 di SCTV dan Vidio, Ada Jungkook BTS

Piala Dunia 2022 akan resmi dimulai hari ini atau Minggu (20/11/2022) malam WIB. Upacara pembukaan akan berlangsung di Stadion Al Bayt. Keseruan pembukaan ajang empat tahunan ini bisa disaksikan langsung melalui layar SCTV dan Vidio.

Kedua perusahaan yang berada di bawah naungan SCM Grup selaku pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia bakal menyiarkan upacara pembukaan sejak pukul 21.42.

Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar dipastikan akan berlangsung sangat meriah. Piala Dunia kali ini merupakan sejarah baru karena untuk pertama kalinya diadakan di negara Timur Tengah dan berlangsung saat November-Desember.

Kemeriahan pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar juga akan diisi sederet hiburan. Salah satu yang bakal tampil di Stadion Al Bayt adalah member dari grup K-Pop yang telah mendunia yakni Jungkook BTS.

Jelang berlangsungnya upacara pembukaan Piala Dunia 2022, pemirsa SCTV juga dimanjakan dengan kemeriahan “Konser Kick Off Pesta Bola Dunia 2022” pada hari Minggu, 20 November 2022 Live di SCTV pukul 19.30 WIB.

Ben Kasyafani dan Natascha Germania akan memandu keseruan “Konser Kick Off Pesta Bola Dunia 2022” yang juga akan disemarakkan oleh Jamrud, Setia Band, Tri Suaka, dan Nabila Maharani, serta sederet bintang sinetron SCTV yakni Kiesha Alvaro, Dylan Carr, Gerald Yo, dan Farhan Rasyid.

4 dari 5 halaman

SCM

Selain menyuguhkan penampilan istimewa dari pengisi acara, “Konser Kick Off Pesta Bola Dunia 2022” juga akan mengajak pemirsa SCTV menyaksikan situasi terkini di Qatar jelang berlangsungnya Opening Ceremony FIFA World Cup Qatar 2022™ melalui LIVE Report dari Tim Liputan SCM Grup yang bertugas.

Usai upacara pembukaan, langsung digelar laga pertama Piala Dunia 2022. Tuan rumah Qatar akan bertemu Ekuador. Laga ini akan disiarkan langsung oleh SCTV, Vidio, dan Moji mulai jam 22.15 WIB.

Sebanyak 64 pertandingan Piala Dunia 2022 akan ditayangkan melalui media multi-platform SCM, mulai dari stasiun televisi free to air yakni SCTV, INDOSIAR, dan MOJI yang kini juga telah bertransformasi menjadi saluran TV Terestrial Digital bersama Mentari TV, saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio dengan kemudahan akses bagi penggunanya.

5 dari 5 halaman

Ekslusif

Selain pertandingan yang hadir di layar kaca SCTV, INDOSIAR, MOJI, Mentari TV dan Nex Parabola – Champions TV, sebanyak 8 pertandingan juga akan hadir secara eksklusif melalui Vidio di antaranya, Ecuador vs Senegal dari Grup A disiarkan secara LIVE pada 29 November 2022 pukul 22.00 WIB, Wales vs Inggris dari Grup B dan Australia vs Denmark dari Grup D pada 30 November 2022, disiarkan LIVE pukul 02.00 WIB dan 22.00 WIB. Sementara Polandia vs Argentina dari Grup C dan Kanada vs Maroko dari Grup F akan tersaji pada 1 Desember 2022, LIVE pukul 02.00 WIB dan pukul 22.00 WIB.

Laga dari kedua grup neraka yakni Kosta Rika kontra Jerman dari Grup E dan Ghana vs Uruguay dari Grup H disiarkan secara LIVE pada 2 Desember 2022 pukul 02.00 WIB dan pukul 22.00 WIB, serta Serbia vs Swiss dari Grup G akan hadir pada 3 Desember 2022, LIVE pukul 02.00 WIB.

Khusus area JABODETABEK, sejak 2 November 2002 pukul 24.00 WIB, siaran analog sudah dimatikan pemerintah. SCTV kini hadir di channel digital 24 UHF, frekuensi 498 MHZ. Pemirsa dapat menyaksikan FIFA World Cup Qatar 2022™ dengan kualitas tayangan yang lebih baik dengan beralih ke siaran digital. Jika pesawat televisi pemirsa belum dapat menerima siaran digital, pemirsa dapat segera menggunakan Set Top Box (STB) untuk kualitas tayangan yang lebih baik.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.