Sukses

KAI: Harga Tiket Kereta Api Tidak Naik, tapi Fluktuatif

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI), membantah adanya kenaikan harga tiket kereta api. Bantahan ini disampaikan usai sebuah unggahan menyampaikan bahwa tarif kereta api komersil akan naik.

"KAI menegaskan bahwa tidak ada kenaikan harga tiket kereta api," ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, kepada merdeka.com, Rabu (26/10/2022).

Joni menjelaskan bahwa tarif KA Komersial bersifat fluktuatif, menyesuaikan dengan demand (permintaan) dari pelanggan. Sekalipun permintaan tinggi, Joni memastikan tarif yang diberikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

Adapun untuk tarif kereta api yang mendapatkan Public Service Obligation (PSO) selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Selain itu, dia menambahkan KAI memberikan alternatif dengan menjual tiket kereta api ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan subkelas.

"Tujuannya agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tarif Khusus

Joni menuturkan, KAI juga menyediakan tarif khusus di mana pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan kereta api tertentu. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

Sebelumnya, akun twitter @sahabat_kereta mencuitkan bahwa aka ada kenaikan tarif kereta api.

"Siap-siap tarif kereta api komersil dalam waktu dekat akan mengalami kenaikan harga. Kenaikan tarif tersebut naik kisaran 6 - 15 persen. Harapan besar semoga dengan adanya penyesuaian tarif ini juga terdapat peningkatan kualitas pelayanan," demikian cuitan akun tersebut yang diunggah pada Selasa (25/10) pukul 19.25 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Unggahan Harga Tikte Kereta Api

Akun tersebut juga mengunggah capture tarif kereta api keberangkatan Gambir menuju Yogyakarta.

Selasa 25 OktoberTaksaka Eksekutif AA Rp495.000 berangkat pukul 21.30

Taksaka Eksekutif A Rp460.000 berangkat pukul 21.30

Selasa 1 NovemberTaksaka Eksekutif H Rp460.000 berangkat pukul 21.30

Taksaka Eksekutif AA Rp545.000 berangkat pukul 21.30

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS