Sukses

PGN Mulai Salurkan Gas Bumi ke Blok Rokan, Jaga Pencapaian Target Produksi

Subholding Gas Pertamina perdana menyalurkan gas bumi ke Blok Rokan untuk menjaga tingkat produksi minyak, dengan volume total sebesar 890 BBTU.

Liputan6.com, Jakarta Subholding Gas Pertamina perdana menyalurkan gas bumi ke Blok Rokan untuk menjaga tingkat produksi minyak, dengan volume total sebesar 890 BBTU. Ini disebut turut berperan dalam menjaga porsi produksi Blok Rokan.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan mengatakan, penyaluran gas bumi ke Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku operator Blok Rokan ini akan berlangsung selama periode Turn Around Pemasok Gas PHE Jambi Merang pada 11-20 Oktober 2022. Gas yang bersumber LNG domestik melalui optimasi FSRU Lampung ini akan membantu proses lifting minyak PHR, selama periode pemasok gas PHE JM tidak dapat memasok gas selama pemeliharaan berkala atau Turn Around (TAR).

“Penyaluran gas bumi ke WK Rokan menjadi sinergi antara Subholding Gas dan Subholding Upstream di Pertamina Group dan juga Sinergi dengan PLN dalam lingkup BUMN untuk menjaga ketahanan produksi energi dalam negeri pasca alih kelola Blok Rokan. Keberhasilaan dalam mempertahankan kinerja produksi menjadikan Blok Rokan dapat berkontribusi 24 persen produksi minyak nasional,” kata Heru dalam keterangannya, Jumat (14/10/2022).

Heru melanjutkan selain pemenuhan konsumsi kilang domestik Pertamina, dukungan PGN dalam rangka menjaga kemampuan produksi di Blok Rokan diharapkan dapat membantu memenuhi target produksi minyak 1 juta barel per hatri dan gas bumi 12 BSCFD pada tahun 2030.

"Penyaluran Gas ke PHR ini tentunya tidak lepas dari dukungan dari Stakeholder terkait yang sudah mendukung yaitu SKK Migas, PHR, Pertamina, PLN, Medco Energy (MEPG), Transportasi Gas Indonesia (TGI) dan pihak-pihak lainnya," tuturnya.

Menurut Heru, Subholding Gas sebagai agregator gas nasional siap mendukung ketahanan energi, salah satunya untuk lifting minyak bumi melalui penyaluran gas yang handal. Sinergi antara PGN dan PHR ini juga bagian dari dampak positif dari transformasi Holding Migas yang menciptakan infrastruktur yang terintegrasi dan mempercepat pertumbuhan volume untuk mewujudkan kemandirian energi nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jurus Pertamina Hulu Rokan

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) membidik produksi minyak dari Blok Rokan mencapai 170 ribu minyak per hari (bopd). Targetnya ini diharapkan bisa dicapai pada Desember 2022.

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee A Suardin berkaca dari pencapaian positif sepanjang tahun ini. Hingga Juli 2022, Blok Rokan mampu menghasilkan rata-rata 161.000 bopd.

"Mudah-mudahan nanti di Desember, kami berdiskusi lagi, Blok Rokan sudah bisa menembus 170.000 (bopd), rata-rata kami di 62,5 ribu bopd di Agustus, di Juli 161 ribu (bopd). Jadi dari Juli ke Agustus sudah naik," kata dia dalam diskusi Capaian dan Tantangan Satu Tahun Blok Rokan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kamis (18/8/2022).

Jaffee optimistis dengan tren kenaikan produksi minyak ini bisa dilanjutkan. Sehingga, bisa mencapai 170 ribu bopd di akhir tahun 2022.

 

3 dari 3 halaman

Proses

Capaian ini bukan tanpa proses, Jaffee menyebut ada upaya yang dijalankan hingga dalam satu tahun pengelolaan Blok Rokan, mampu mencatatkan angka tersebut. Meski kondisi sumur yang ada di Blok Rokan ini disebut-sebut sudah berumur tua.

Sebagai langkah antisipasi kedepannya, PHR berencana menambah setidaknya 6 sumur atau rig pada Oktober-November mendatang. Sehingga jumlahnya menjadi 27 rig dari saat ini sebanyak 21 rig.

"Minimal setiap rig yang siap kerja, harus ada dua lokasi yang sudah siap untuk dikerjakan. Nah bayangkan nanti ada 27 rig, yang didepannya sudah ada dua sumur lagi yang sedang dikerjakan," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Pertamina Hulu Rokan adalah salah satu anak perusahaan dari PT Pertamina.

    Blok Rokan Pertamina

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Blok Rokan