Sukses

Genjot Pariwisata, Garuda Indonesia Terbang Lagi Makassar-Denpasar PP

Garuda Indonesia mulai Jumat (7/10/2022) mendatang akan kembali melayani penerbangan Makassar-Denpasar.

Liputan6.com, Jakarta Garuda Indonesia mulai Jumat (7/10/2022) mendatang akan kembali melayani penerbangan Makassar-Denpasar. Pengoperasian kembali rute Makassar-Denpasar pulang pergi (PP) ini merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap aksesibilitas transportasi udara yang menghubungkan dua hub penerbangan terbesar di wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Tengah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, pengoperasian kembali rute penerbangan Makassar-Denpasar PP merupakan bagian dari langkah pengembangan jaringan penerbangan maskapai melalui optimalisasi peluang pangsa pasar domestik, khususnya rute antar hub.

Sehingga, dapat menghadirkan pilihan jadwal penerbangan menuju destinasi pariwisata lanjutan yang lebih seamless dan beragam.

"Dibukanya rute penerbangan Makassar-Denpasar PP ini juga kami harapkan dapat turut memaksimalkan momentum pemulihan sektor pariwisata, dengan menghubungkan dua destinasi wisata unggulan nasional, yakni Makassar dan Denpasar, melalui layanan penerbangan langsung," jelas Irfan, Rabu (5/10/2022).

Rute penerbangan Makassar-Denpasar PP nantinya akan dilayani tiga kali per pekan, yaitu hari Rabu, Jumat, dan Minggu menggunakan armada B737-800 NG.

Penerbangan dari Makassar akan dilayani dengan penerbangan GA-621 yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 18.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 20.05 WITA.

Sedangkan penerbangan dari Denpasar Bali akan dilayani dengan nomor penerbangan GA-620 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 20.50 WITA untuk selanjutnya mendarat di Makassar pada pukul 22.15 WITA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkutan Kargo

Ke depannya, Irfan melanjutkan, layanan penerbangan Makassar-Denpasar PP ini juga akan memfasilitasi pengangkutan komoditas kargo dari Makassar yang terdiri dari general cargo serta marine products. Seperti, tuna, kepiting hidup, dan lobster, yang akan dikirimkan langsung menuju Jepang melalui pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dari Denpasar.

"Layanan operasional penerbangan Makassar-Denpasar PP ini juga merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia dalam mendukung program G20 yang akan diselenggarakan di Denpasar pada bulan November mendatang. Melalui ketersediaan konektivitas dan aksesibilitas yang aman dan nyaman bagi para pemangku kepentingan yang akan menghadiri kegiatan tersebut," tuturnya.

Adapun pada periode September-Oktober ini, Garuda Indonesia juga akan melaksanakan penambahan frekuensi penerbangan pada rute-rute penerbangan domestik dengan kinerja positif.

 

3 dari 3 halaman

Rute Penerbangan dari Jakarta

Penambahan frekuensi tersebut telah dan akan dilaksanakan pada beberapa rute penerbangan domestik yang dilayani dari Jakarta, di antaranya:

• Jakarta-Tanjung Pinang, mulai 2 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 5 kali setiap pekannya (dari sebelumnya 2 kali per pekan)

• Jakarta-Malang, mulai 17 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 3 kali setiap pekannya (dari sebelumnya 2 kali per pekan)

• Jakarta-Bengkulu, mulai 2 Oktober akan dilayani sebanyak 5 kali setiap pekannya (dari sebelumnya 3 kali per pekan)

• Jakarta-Palangkaraya, mulai 14 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 4 kali setiap pekannya (dari sebelumnya 3 kali per pekan)

• Jakarta-Lampung, mulai 24 September 2022 dilayani setiap hari (dari sebelumnya 6 kali per pekan).

Irfan mengungkapkan, penambahan frekuensi tersebut dilaksanakan secara bertahap melalui serangkaian evaluasi, khususnya terhadap rute-rute yang berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan, dan secara berkala terus diselaraskan dengan ketersediaan armada.

Ketersediaan armada itu sendiri akan terus dioptimalkan, khususnya melalui program restorasi armada yang terus diintensifkan.

"Penambahan frekuensi penerbangan ini menjadi bentuk komitmen kami sebagai national flag carrier untuk memastikan konektivitas udara bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik khususnya jelang periode peak season akhir tahun nanti," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.