Sukses

Ulang Tahun Jakarta ke-495, Naik MRT, LRT dan Transjakarta Gratis

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah operator layanan transportasi di Jakarta memberikan tarif perjalanan gratis kepada para penumpangnya. Hal tersebut dalam rangka hari ulang tahun Jakarta atau HUT DKI Jakarta ke-495 hari ini, Rabu (22/6/2022).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syarif Liputo sebelumnya telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang tarif gratis layanan armada Transjakarta, MRT, dan LRT. SK tersebut sebagai rangkaian HUT Jakarta.

"Transjakarta BRT dan non BRT atau feeder MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp0," demikian bunyi diktum kesatu dalam SK yang dikutip Rabu (22/6/2022).

Selain itu, layanan Mikrotrans, layanan Rusun, bus wisata Transjakarta Cares, dan penugasan transportasi Jakarta lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penugasan sebesar Rp0.

Syafrin menuturkan, layanan gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang pelayanan Transjakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Gubernur nomor 133 tahun 2018 tetap berlaku.

SK ini ditandatangani oleh Syafrin pada 21 Juni 2022.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tarif Khusus

Kendati demikian, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tarif khusus layanan Transjakarta pada Rabu (22/6) sebesar Rp1.

"PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00 -23.59 WIB," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor, Selasa (21/6).

Kebijakan tarif Rp1 berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp20.000 dan Mikrotrans Rp0.

"Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibukota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Pantun Menparekraf Sandiaga Uno di Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495

Sebelumnya, Ulang tahun Jakarta 2022 jatuh tepat pada hari ini, Rabu (22/6/2022). Ibu Kota Jakarta kini sudah genap berusia 495 tahun.

Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno termasuk di antara pengguna media sosial yang turut menyambut hari Ulang tahun Jakarta ke-495.

Sambutan Ulang tahun Jakarta itu Sandiaga Uno sampaikan dalam sebuah postingan di akun Instagram-nya, menampilkan potret ilustrasi dirinya bertemakan hari ulang tahun Ibu Kota. 

"Selamat ulang tahun yang ke-495 untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta tercinta, saya selalu mendoakan DKI Jakarta tetap tangguh, indah dengan keberagamannya," tulis Sandiaga Uno dalam akun @sandiuno di Instagram, dikutip Rabu (22/6/2022). 

Sandiaga Uno pun menyampaikan harapannya di hari Ulang tahun Jakarta. Dia menyampaikan, Jakarta diharapkan dapat terus menjai kota yang menginspirasi dan mendorong kebangkitan ekonomi.

"Menjadi kota yang menginspirasi, berkualitas, berkelanjutan, dan menjadi pusat perekonomian Indonesia yang terus mendorong kebangkitan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja," tuturnya. 

Dalam akhir pernyataannya di postingan itu, Sandiaga Uno pun membagikan pantun menarik untuk hari Ulang Tahun Jakarta.

"Dari Pasar Minggu Ke Kota Tua, Naek Kendaraanye Transjakarta. Selamet Ultah Yang Ke-495, Jakarta Maju, Warganya Bahagia," demikian pantun Sandiaga Uno di hari Ulang Tahun Jakarta.