Sukses

4 Fakta Raline Shah, Pernah Jadi Komisaris hingga Punya Bisnis Kedai Kopi

Liputan6.com, Jakarta - Artis Raline Shah kembali berkiprah di Indonesia dalam web series baru berjudul Dating Queen yang siap disiarkan di Vidio. Sebelumnya Raline Shah cukup lama belajar di Amerika Serikat.

Menariknya, Raline Shah mengasah ilmu atau belajar berakting di AS khusus untuk cerita komedi. Ia mengambil kelas drama, akting komedi hingga script writing.

Kelas akting ini sesuai dengan genre web series yang akan tayang tersebut.

Di luar kegiatan terkait berakting, ternyata banyak juga profesi lain yang pernah dijalani oleh wanita berusia 37 tahun ini.

Untuk mengetahuinya, dirangkum Liputan6.com, Minggu (15/5/2022), berikut ini 4 fakta terkait oleh Raline Shah:

1. Komisaris AirAsia

Raline Shah resmi ditunjuk menjadi salah satu Komisaris Independen Air Asia Indonesia oleh CEO Air Asia, Tony Fernandes pda Agustus 2017. Kabar tersebut pertama kali mencuat setelah Tony Fernandes mengunggah foto kebersamaannya dengan bintang film 5 Cm ini di akun Instagram pribadinya.

"Selamat datang @ralineshah sebagai Independent Director (Komisaris) Air Asia Indonesia. Keberagaman selalu menjadi mantra kami," tulis Tony Fernandes dalam unggahannya ini.

Bagi Raline Shah, penunjukan dirinya sebagai komisaris independen ini adalah sebuah kehormatan sekaligus kesempatan besar dalam hidupnya.

"Alhamdulilah ini kesempatan yang baik untuk saya belajar memberi Air Asia sisi pandang yang lain karena saya dari bidang yang lain juga," ujar Raline Shah, kala ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

Raline Shah sendiri merasa dunia bisnis sangat dekat dengan kehidupannya. Sebab, anggota keluarganya kebanyakan berprofesi sebagai pebisnis. Oleh karena itu, ia merasa senang dengan niat baik AirAsia.

"Secara pribadi saya juga merasa bahwa bisnis itu sudah ada dalam darah daging saya. Jadi saya menerima ini dengan baik," kata Raline Shah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Anak Pengusaha, Diplomat, serta Politisi

Nama Raline Shah tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Wanita kelahiran 4 Maret 1985 ini dikenal sebagai selebriti multitalenta. Selain piawai dalam berakting, Raline Shah juga dikenal sebagai model.

Bahkan pada 2008 silam, pemain film 5 Cm ini menjadi salah satu finalis dari Putri Indonesia. Tak heran jika banyak orang yang mengidolakan Raline Shah. Meski menyandang status selebriti populer, kehidupan pribadi Raline Shah jarang tersorot media.

Tak terkecuali kedekatannya dengan sang ayah yang bernama Rahmat Shah. Kendati jarang terekspos, Raline Shah kerap membagikan momen kebersamaan dengan ayahnya. Tak banyak yang tahu, rupanya ayah Raline Shah bukan orang sembarangan.

Rahmat Shah dikenal sebagai pengusaha, diplomat, serta politisi yang pernah menjabat sebagai anggota DPR/MPR RI.

DR. H. Rahmat Syah selama ini dikenal sebagai tokoh masyarakat Medan dan Sumatera Utara. Selain sebagai pengusaha sukses, Rahmat Shah juga dikenal sebagai tokoh politik yang pernah menjadi anggota MPR dan DPD mewakili Sumatera Utara. Sebelum berkiprah di Senayan, dia adalah seorang diplomat.

Rahmat Shah adalah orang Indonesia yang memperoleh gelar Lord of Rudge dari Inggris. Dia juga seorang pemburu kelas dunia yang telah menjelajahi hutan belantara, menyelami sungai dan laut di berbagai belahan dunia sehingga menjadi satu-satunya orang Indonesia yang namanya masuk buku Great Hunter dan orang Indonesia pertama memperoleh African Big Five Grand Slam Award. Untuk mengabadikan prestasi berburunya, Rahmat mendirikan ‘Rahmat International Wildlife Museum & Gallery’ di Medan. Sedangkan dari dalam negeri Rahmat memperoleh berbagai penghargaan kehormatan, salah satunya adalah Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo, Agustus lalu.

 

3 dari 4 halaman

3. Punya Bisnis Kedai Kopi

Raline Shah memiliki bisnis kedai kopi Kisaku. Kedai kopi yang punya cabang di kawasan Senopati dan Pasaraya Blok M ini sendiri didirikan Raline Shah bersama adiknya, Rollin Shah, dan ketiga temannya, Catherine Halim, Dolly Hardjono serta Lionel Hanjaya.

Kisaku sendiri bermaksud hadir sebagai tempat berkumpul untuk menghubungkan para pelanggan melalui secangkir kopi.

Dalam pembukaan Kisaku coffee shop kedua, Sandiaga Uno turut hadir memberi dukungan terhadap kreatifitas pebisnis muda Indonesia yang senantiasa menciptakan lapangan pekerjaan baru guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Lewat video yang juga bisa dilihat di akun Instagram Kisaku, tampak Sandi tak kalah luwes dengan Raline dalam menggoyangkan pinggul mengikuti gerakan flashmob. Hingga di akhir rekaman salah seorang pekerja mengantarkan jus untuk Sandiaga dan kopi bagi Raline.

 

4 dari 4 halaman

4. Bentangkan Bendera Merah Putih di Puncak Kilimanjaro

Raline Shah sangat senang dan bersyukur pendakiannya ke Gunung Kilimanjaro di Tanzania berjalan lancar. Ia membagikan sejumlah potret saat berada saat berada di sana dan membentangkan bendera merah putih.

"Tidak ada pendakian yang komplit tanpa membawa semangat Merah Putih! Disini bersama sahabat @leezhelong dari Medan," kata Raline Shah, dalam unggahannya di Instagram, Minggu, 1 Maret 2020.

Dalam potret yang diunggah itu, Raline tampak mengenakan jaket putih, sedangkan Lee mengenakan jaket merah. Raline mengungkapkan tidak janjian mengenakan jaket warna merah putih.

Dalam potret itu, Raline dan Lee terlihat membentangkan bendera merah putih. Dia mengungkapkan perjalanan ke Kilimanjaro penuh dengan petualangan.

"Benar benar petualangan yang penuh dengan cobaan (hujan deras, hujan es, badai tiap harinya) tapi kita melalui itu semuanya dengan semangat, musik, doa dan canda tawa," lanjut Raline.

Raline bersyukur atas kesehatan yang diberikan oleh Tuhan sehingga bisa menikmati alam yang sangat indah. Pengalaman itu telah mengubahnya cara pandang hidup untuk selamanya.

"Dari kota Medan di Sumatera saya dan Lee sampai ke salah satu puncak tertinggi di dunia, alangkah senang dan bersyukur atas semua kemudahan dalam perjalanan hidup ini. ❤️," ujar Raline Shah.

Dalam unggahan yang lain, Raline Shah mengungkapkan bahwa mendaki Gunung Kilimanjaro merupakan salah satu yang paling sulit yang ia lalui. Dia tidak akan melupakan perjuangannya itu.

Raline mengatakan bahwa sempat mengalami kesulitan bernapas dari Stella Point ke Puncak Uhuru yang berjarak 19 ribu kaki.

"Aku terengah-engah dan rasanya seperti akhir (hidup) sudah dekat (drama queen!). Hari-hari hujan tanpa akhir tidak bisa dibandingkan dengan pertemuan puncak yang sulit di tingkat visibilitas rendah. Namun ketika saya mencapai puncaknya, sensasi itu memberi saya energi untuk melompat kegirangan!" papar Raline.

Raline sangat bangga dan tidak pernah berpikir untuk menyerah dan dukungan dari publik memberiya kekuatan untuk mencapai puncak.