Sukses

PLN Pasok Listrik Bebas Polusi dan Suara di Ajang Formula E Jakarta

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) siap memasok listrik hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan dari daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik Formula E tersebut sebesar 7 MVA nantinya akan dipenuhi PLN dari energi bersih yang terjamin dalam produk Renewable Energy Certificate (REC).

“Melalui REC, PLN memastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia,” ungkap Doddy, Sabtu (14/5/2022).

Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI “Jakarta Langit Biru” untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Target Jakarta menjadi kota nol emisi pada 2050, dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. Penyelenggaraan Formula E bertujuan mengkampanyekan udara bersih Jakarta.

"Kami siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi dan suara dari produk energi terbarukan," ujar Doddy.

 

2 dari 4 halaman

Investasi Rp 7 Miliar

Total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp 7 miliar. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang 6.8 Kilo Meter Square (KMS).

Pembangunan gardu yang sudah mencapai 80 persen dan direncanakan selesai 100 persen pada 25 Mei 2022.

Selain REC, PLN juga siap mendukung keandalan pasokan listrik selama penyelenggaraan Formula E dengan menyiapkan pasokan listrik berlapis dengan cadangan dan di backup UPS.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Formula E Sudah Termasuk Wahana di Ancol

Vice President Communication Organizing Committee Jakarta E-Prix Iman Syafei memastikan, harga tiket Formula E sudah termasuk wahana yang ada di seluruh kawasan Ancol.

"Tiket semua kelas sudah termasuk semua wahana Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola," kata Iman, Selasa (10/5/2022).

Namun, Iman belum bisa menyampaikan jumlah tiket yang sudah terjual. Dia memastikan pembangunan trek dan kelengkapan pemasangan grandstand dan jembatan penyeberangan terus dikerjakan.

"Pembangunan dan persiapan masih on the track, kelengkapan seperti grandstand dan jembatan penyeberangan masih proses pemasangan. Infrastruktur pendukung lain juga masih terus dirapikan," ucap Imam.

Panitia penyelenggara telah menjual tiket Formula E pada Minggu 1 Mei 2022. Warga dapat melakukan pembelian tiket melalui situs jakartaeprix.goersapp.com.

 

4 dari 4 halaman

4 Kategori

Berdasarkan situs tersebut ada empat kategori yang disediakan panitia. Harga tiket tergantung dengan masing-masing kategori.

Untuk kategori VIP dan VVIP dengan sub kategori Jakarta Royal Suite 1 A harga tiket sebesar Rp 10 juta. Nilai ini mencakup hiburan, makanan dan minuman bintang 5 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Pengunjung yang membeli tiket ini juga mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan pemandangan padang rumput lounge ambiens dengan suite lremium ber-AC, tersedia tempat duduk khusus, akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, layar LED, mendapatkan akses Ancol Festival, Dufan, pantai festival-festival rekreasi Ancol kecuali faunaland dan gondola, tempat penurunan VIP khusus di gerbang Ancol. Tidak termasuk akses ke lokasi terlarang dan zona yang tidak termasuk di tiket