Sukses

BRI Targetkan Penyaluran Pinjaman BRIguna Sentuh Rp 1 Triliun di Akhir 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menargetkan penyaluran pinjaman melalui BRIguna Digital sebesar Rp 750 miliar hingga Rp 1 triliun untuk 2022. BRIguna Digital adalah salah satu fitur dalam BRImo yang diluncurkan pada Jumat (13/5/2022).

Hal itu disampaikan Executive Vice President Consumer Lending, Sales, and Development Division PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Handaru Sakti, saat ditemui di kantor BRI dalam peluncuran BRIguna Digital.

“Untuk tahun ini target saya antara Rp 750 miliar sampai Rp 1 triliun untuk pencairan, dan bisa lebih saya lihat kemudahan dan kecepatan kan kita punya data payroll nasabah kita akan kita tawarkan,” kata Handaru.

Adapun dalam tahap pertama peluncuran BRIguna ini diprioritaskan bagi nasabah BRI yang berasal dari golongan ASN yang ber-payroll di BRI.

“Dari BRIguna ini kita prioritaskan seluruh nasabah pekerja atau pegawai tetap yang ber-payroll di BRI ini yang kita bidik, dalam tahap launching ini baru ASN baru nanti semua nasabah baik BUMN, instansi Pemerintah, dan swasta pun akan kita garap,” ujarnya.

Untuk saat ini, plafon yang ditawarkan sebesar Rp 300 juta untuk setiap pinjaman melalui BRIguna. Adapun tenornya 6 bulan hingga 15 tahun, sehingga nasabah bisa menyesuaikan tenor pinjaman sesuai dengan kemampuan.

“Antara maksimum Rp 300 juta dulu, nanti kedepan bisa lebih ini baru launching pertama, Saya kira RP 300 juta untuk kebutuhan ASN cukup sih, kalau mau lebih besar lagi kita ada produk lainnya KPR,” ujarnya.

Selain itu, bunga yang ditawarkan pun relatif murah yakni 1 persen per bulan atau 12 persen per tahun. Namun, jika nasabah memiliki riwayat angsuran yang baik, besar kemungkinan akan mendapatkan bunga yang lebih rendah lagi.

“Antara 1 persen, rata-rata 12 persen per tahun itu maksimal, kalau nasabah yang bagus akan kita reward yang lebih rendah lagi. Kita dari sisi bunga sangat murah karena kita sumbernya dari dana masyarakat, beda dengan pinjaman lain itu dari dana pihak ketiga,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

BRI Luncurkan BRIguna Digital

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meluncurkan BRIguna Digital yang merupakan salah satu fitur terbaru dari BRIMO. Fitur ini memudahkan nasabah BRI dalam mengajukan pinjaman secara online, mudah, dan cepat.

"BRIguna Digital ini menjadi sebuah tawaran baru untuk memudahkan bapak ibu yang tentu sudah ber- payroll di BRI dan tentunya memiliki pinjaman karyawan atau kita sebut pinjaman payroll," kata Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, dalam launching BRIguna digital, Jumat (13/5/2022).

Handayani menjelaskan, adanya BRIguna Digital yang bisa diakses di BRIMO ini akan memudahkan semua nasabah dalam mengajukan pinjaman melalui BRIguna kapan saja, dimana saja dan jumlahnya sudah ditentukan maksimalnya.

"Semuanya sudah diberikan angka-angka nya, sehingga dengan mudah menentukan kebutuhannya berapa besar," imbuhnya.

BRIguna ini biasa digunakan oleh para pekerja atau pegawai baik ASN, pegawai dari BRI sendiri, BUMN dan lainnnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Misalnya, butuh tambahan dana untuk biaya anak sekolah, atau setelah selesai lebaran masih butuh tambahan untuk renovasi rumah dengan jumlah yang tidak terlalu besar, atau mungkin ingin menyiapkan dana untuk umrah/haji.

"Maka bisa digunakn bapak ibu (nasabah BRI) sekalian bisa melakukan pinjaman BRI guna, banyak sekali variasi yang mungkin dibutuhkan dan diberikan kemudahan yang dapat di proses kapan saja, dimana saja melalui aplikasi BRIMO," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Financial Super Store

Kata Handayani, aplikasi BRIMO ini akan menjadi financial super store bagi BRI dan menjadi super apps yang akan dilengkapi fitur-fiturnya untuk memberikan kemudahan bagi seluruh user atau nasabah BRI.

Artinya, dengan satu aplikasi BRIMO ini maka semua kebutuhan bisa terpenuhi. Diluncurkannya BRIguna online ini merupakan sebuah inovasi yang sudah disiapkan untuk memberikan accesibility yang nyaman untuk nasabah.

"Dengan adanya BRIguna ini bisa membuat nasabah semakin setia dengan BRI, semakin banyak lagi fitur-fitur yang akan dilengkapi dan semakin banyak lagi kemudahan yang akan diperoleh," ujarnya.