Sukses

Keuntungan Jadi Seller di Lazada dan Tips Cara Mulai Jualan Online

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, memulai buat bisnis sendiri sangatlah mudah. Mau dapat penghasilan tapi nggak mau mengeluarkan banyak pengeluaran buat jualan merupakan keistimewaan yang diharapkan oleh para penjual. Maka itu, kamu perlu memilih marketplace sebagai jalan untuk mewujudkan itu.

Eits, kamu jangan salah pilih lho. Jangan terjebak dalam romantika memilih kucing dalam karung ya. Ini bisnis, pilihannya, kamu cuan atau buntung. Untuk menghindari buntung, marketplace Lazada bisa menjadi pilihan utama lho.

Gimana nggak, Lazada mengutamakan seller-nya supaya bisa berkembang bisnisnya dengan beragam macam keuntungan dan juga kemudahan yang ditawarkan. Sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu nih, apa saja yang harus dipersiapkan ketika memulai jualan online.

2 dari 5 halaman

Tentuin Terlebih Dahulu Apa yang kamu Mau Jual

Ini adalah langkah awal. Langkah awal yang akan membuka gerbang buat jualan online kamu bisa menandingi kompetitor atau pemain lama di jualan online. Di sini, kamu harus menawarkan sesuatu yang berbeda atau dengan kata lain, kamu harus memiliki unique selling points dari produk kamu. Kamu harus punya konsep yang jelas atas produk yang akan kamu jual. 

Intinya, apa yang kamu mau jual, itu harus bisa memiliki perbedaan, walau itu hanya perbedaan yang kecil. Kamu harus ingat, sedikit berbeda itu lebih baik daripada sedikit lebih baik yha!

3 dari 5 halaman

Lakukan Riset Pasar Secara Online

Ini sebagai langkah kedua. Ketika kamu sudah bisa mengkonsepkan produk apa yang kamu mau jual, sudah saatnya lakukan riset pasar secara online. Di sini, kamu akan mendapatkan sesuatu yang bisa mengembangkan bisnis kamu.

Riset pasar ini berguna buat mengetahui apakah produk kamu laku atau tidak di pasaran, mengetahui kompetitor bisnis serupa yang sedang kamu jalankan, dan bagaimana cara yang tepat dan terbaik buat mengembangkan produk kamu.

Nah, yang kamu perlukan di fase ini adalah dengan menggunakan berbagai macam tools yang tersedia. Seperti kamu gunakan Google Trend, Google Keyword Planner, kumpulkan berbagai macam review produk dari konsumen, dan juga melakukan survey dengan kuesioner yang kamu sebar secara online.

4 dari 5 halaman

Analisis Kompetitor Lain

Fase ketiga ini kamu harus terus pantau strategi kompetitor yang lain yha. Kamu harus pastikan, seberapa besar mereka memaksimalkan pembuatan konten. Entah itu di media sosial atau pun gerai online yang mereka punya.

Ketika kamu sudah pantau, kamu juga harus periksa engagement. Engagement ini penting banget buat tahu jumlah pengguna yang berinteraksi dengan konten yang kamu buat, bisa dari jumlah likes, komentar, hingga share.

Ketika angka engagement konten kamu tinggi, tentu ini menandakan jumlah kunjungan ke laman jualan online kamu. Hal ini tentu akan berpengaruh positif ke penjualan online serta brand awareness bisnis.

5 dari 5 halaman

Atur Produk di Gerai Online Kamu dan Mulai #JualanDiLazada

Marketplace yang mudah, menarik, dan lebih baik digunakan untuk menjadi seller jualan online adalah Lazada. Lazada juga sudah memiliki trafik tinggi dan jumlah pembeli yang banyak.

Pastinya, akan jauh lebih mudah bagi kamu untuk menemukan pelanggan. Sebagai portal belanja terbesar di Asia Tenggara yang punya lebih dari 30 juta pengunjung aktif, pastinya bakal makin memudahkanmu buat #NaikKeLaz.

Mudahnya, kamu nggak butuh waktu lama dalam membuat akun untuk berjualan dan mulai menjalankan usaha kamu di Lazada. Cukup daftar pakai KTP dan tunggu waktu semenit aja, kamu udah bisa langsung berjualan di Lazada.

Menarik, karena kamu bisa memaksimalkan penjualan dengan mengikuti program inkubasi dari Lazada untuk kamu seller baru. Program ini diberikan selama 90 hari untuk memaksimalkan penjualan saat kamu memulai bisnis.

Semakin menarik lagi, karena kamu berkesempatan ikut Mega Promosi sepanjang tahun untuk ningkatin order dan trafik gerai kamu. Dan yang terpenting, semua itu nggak dipungut biaya lho

Nggak berhenti sampai di situ aja, Lazada akan membuat kamu menjadi seller yang lebih baik. Iya lebih baik dari sisi skill khususnya. Lazada memberikan pelatihan untuk seller-nya lewat Lazada University.

Di sini, ada tutorial, video, dan webinar yang bisa meningkatkan order di gerai online yang kamu bangun. Juga, ada dukungan penuh dari Lazada Club atau Komunitas Seller Lazada terbesar di Asia Tenggara yang memungkinkan pemula untuk belajar langsung dari top Seller Lazada.

Nah, setelah kamu tahu keuntungan jadi seller Lazada, cus, gerak cepat daftar jadi seller Lazada. Dan buat informasi lebih lanjut, langsung aja cari tahu di sini. Saatnya #JualanDiLazada siap-siap bisnis kamu #NaikKeLaz.

 

(*)