Sukses

Warga di Mataram Borong Bahan Pokok di Pasar Tani

Pasar Tani yang digelar selama tiga hari berturut- turut (26-28 April) terselenggara atas kerja sama Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Daerah di NTB.

Liputan6.com, Mataram Antusias warga di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat tinggi dalam gelaran Pasar Tani yang diselenggarakan Kementerian Pertanian (Kementan). Pasar Tani yang digelar di lapangan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela itu menghadirkan sejumlah bahan pangan pokok. 

Terlihat masyarakat berdatangan silih berganti menuju lokasi Pasar Tani untuk membeli kebutuhan pangan pokok seperti beras, jagung, kedelai, telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak goreng dan gula pasir.

Di lokasi yang sama, Direktur Pengolahan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian Tri Melasari menyampaikan, Pasar Tani yang digelar selama tiga hari berturut- turut (26-28 April) terselenggara atas kerja sama Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Daerah di NTB.

"Kami fasilitasi petani atau peternak dan distributor langsung untuk menyediakan bahan pangan pokok dengan mutu berkualitas dan harga terjangkau untuk membantu masyarakat dalam menyambut lebaran nanti," kata Mela menrangkan saat dijumpai sedang meninjau di lokasi Pasar Tani, Rabu (27/4).

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta Gelar Pasar Tani dari Kelompok Tani, Dewi Nita Haryani menyampaikan, produk-produk dari kelompok tani yang mereka jual, yaitu beras, bawang putih, bawang merah, cabe dan tomat. Dia mengaku senang dengan melihat masyarakat antusias membeli barang dagangannya.

"Kami selalu mengharapkan event-event seperti ini harusnya sering dilakukan, tentunya barang kami cepat lakunya dan laris tadi," ujarnya. 

 

 

Senada dengan Dewi, pedagang yang juga distributor beras, gula, dan minyak goreng, Lalu Maladi Maulana ikut menyambut gembira keberadaan pasar tani karena barang dagangan cepat habis.

"Terima kasih untuk Bapak Menteri Pertanian atas inisiasinya menggelar Pasar Tani seperti ini, untuk kali ini stok stok kami cepat habis dibeli oleh masyarakat sekitar jadinya masyarakat tidak perlu khawatir dan kami pastikan untuk stok pangan di Nusa Tenggara Barat ini aman," tuturnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Hermi kurniati, warga dari Kecamatan Sekarbela merasa terbantu dengan adanya pasar tani yang digelar oleh Kementan.

"Saya sudah membeli minyak goreng, gula, telur, sama ayam dengan harga murah dari harga di pasar, Alhamdulillah bisa untuk persiapan lebaran," ungkapnya senang.

Sedangkan pengunjung lainnya, Haryanto yang sengaja datang dari Rembige cukup jauh dari lokasi Pasar Tani tampak antusias dalam berbelanja daging. Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian yang mengadakan kegiatan ini.

"Kami sebagai masyarakat, terutama yang punya kemampuan rendah sangat terbantu dengan adanya Pasar Tani ini karena bahan kebutuhan pangan pokok ada semua dan harganya pun lebih terjangkau," jelasnya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini