Sukses

Idul Fitri Tinggal Hitung Hari, Ketahui Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

Berikut sederet hal yang perlu disiapkan saat melakukan mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari sepekan, umat Muslim di Indonesia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Lebaran pun tak lepas dari tradisi mudik, yang dua tahun sebelumnya terbatas karena pandemi Covid-19. 

Tahun ini, masyarakat yang sudah divaksinasi booster Covid-19 sudah dapat melakukan mudik Lebaran.

Tetapi untuk memastikan mudik berjalan aman dan nyaman, ada beberapa persiapan yang bisa menjadi perhatian kita. 

Bekerja sama dengan Kemenhub, Kemenag, Kepolisian RI, Majelis Ulama Indonesia, dan Satgas Covid-19. Kemkominfo meluncurkan buku elektronik "Mudik Aman & Sehat 2022".

Buku tersebut menyediakan panduan lengkap tentang aturan, protokol kesehatan, arus lalu lintas, hingga tips persiapan mudik 2022.

"Buku ini kami luncurkan sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik, untuk memudahkan dalam mencari informasi seputar mudik dan protokol kesehatan selama mudik, dalam sebuah buku saku yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Usman Kansong, dikutip dari keterangan Kemkominfo, Kamis (28/4/2022).

Berikut adalah sederet hal yang perlu disiapkan saat melakukan mudik, menurut buku elektronik "Mudik Aman & Sehat 2022' :

- Pastikan dalam keadaan sehat, tetap menjaga kesehatan diri dan kebugaran fisik.

- Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, periksa kendaraan mulai dari bensin, oli, rem, kipas, AC, kaca, tekanan ban, hingga cadangan ban dan komponen lainnya. 

- Jika mudik dengan kendaraan umum, upayakan telah siap dengan tiket mudik. Akan lebih baik jika tiket balik sudah siap.

- Pastikan syarat mudik sudah terpenuhi : vaksinasi, sertifikat vaksin, atas hasil tes antigen 1x24 jam atau PCR 3X24 jam, serta aplikasi PeduliLindungi. 

- Pastikan keamanan rumah yang akan ditinggal saat mudik, seperti cabut kabel saluran listrik, matikan kompor, cabut selang dari tabung gas, serta aliran air.

- Siapkan bekal yang cukup untuk perjalanan mudik.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

- Buat daftar barang bawaan guna memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

- Kemas barang dengan teliti dan rapi. 

- Siapkan biaya untuk kebutuhan perjalanan dan atur pengeluaran, termasuk alokasi dana angpao.

- Siapkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga selama perjalanan mudik. 

- Sediakan obat yang dibutuhkan atau kotak P3K.

- Pastikan membawa masker cadangan yang mencukupi, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan desinfektan atau alat kebersihan lainnya.

- Disarankan membawa alat makan dan minum sendiri saat singgah dan makan di restoran. 

- Pastikan orang yang dikunjungi dalam keadaan sehat serta terlindungi dari potensi penularan Covid-19. 

- Memastikan menjaga kapasitas di tempat tujuan agar tidak terlalu penuh. Jika kapasitas penuh, disarankan memilih hotel/penginapan yang memenuhi standar CHSE. 

 

Tips tetap bugar saat mudik dengan kendaraan pribadi :

- Kondisi sehat dan prima, tidur minimal 6 jam sebelum berangkat. 

- Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih saat sahur. Kurangi karbohidrat. 

- Atur manajemen perjalanan dengan matang dan persiapkan antisipasinya. 

- Mengemudi santai agar tidak kelelahan. 

- Gunakan aplikasi navigasi untuk menemukan jalan alternatif jika terjadi kemacetan.

- kenali batas kemapuan diri. Istirahatkan tubuh setelah 4 jam perjalanan, atau pastikan adanya pengemudi pengganti.

3 dari 3 halaman

Imbauan Kemenhub Untuk Pemudik di Pelabuhan Merak

Pemudik dari Pulau Jawa yang hendak menuju Pulau Sumatera terlihat terus memadati kawasan Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten pada musim arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Dilaporkan sejak Rabu (27/4/2022) hingga pukul 04.00 WIB atau H-5 Lebaran, terpantau seluruh dermaga Pelabuhan Merak Banten telah dipadati oleh ribuan kendaraan pemudik dan truk.

Juga terlihat antrean kendaraan di tol gate pemeriksaan tiket. Kendaraan-kendaraan itu hendak masuk ke dalam pelabuhan.

"Malam ini Pelabuhan Merak meriah oleh pemudik awal. Saya dengan Pak Kapolres sedang berada di dalam Pelabuhan Merak," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, dikutip Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, pada Selasa (26/4), Pemerintah telah mengimbau pemudik yang hendak menyebrang dari Pelabuhan Merak untuk segera menyeberang lebih awal dan memilih waktu di siang hari.

Hal ini disarankan untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik dan di waktu malam hari, seperti yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Kami mengimbau kepada masyarkat untuk memanfaatkan tiga hari ini (26,27 dan 28 April 2022) untuk menyeberang. Jangan menunggu puncak mudiknya, agar tidak terjadi kepadatan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Selain itu, Menko Muhadji juga merekomendasikan disparitas harga tiket penyeberangan.

"Saya rekomendasikan ada disparitas harga tiket penyeberangan di siang hari dengan malam hari. Yang siang hari dibuat lebih murah sehingga diharapkan pergerakan lebih merata," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.