Sukses

Dirut Pertamina: Transisi Energi Jadi Prioritas, Perusahaan Energi Perlu Jadi Pemimpin

Presidensi G20 Indonesia yang saat ini memasukkan topik transisi energi sebagai topik utama diantara dua topik lainnya. Pertamina berkontribusi banyak dalam mendorong transisi energi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyebut isu transisi energi menuju energi bersih harus jadi prioritas. Ia menilai ini telah jadi topik dan tujuan utama dari berbagai forum internasional.

Diantaranya, Presidensi G20 Indonesia yang saat ini memasukkan topik transisi energi sebagai topik utama diantara dua topik lainnya. Nicke menyebut, Pertamina berkontribusi banyak dalam mendorong transisi energi ini.

“Saat ini, transisi energi adalah isu yang harus jadi prioritas, dan sebagai perusahaan energi, Pertamina harus menjadi pemimpin dalam mengejar target bauran energi bersih di Indonesia,” katanya dalam Media Briefing Pertamina, Jumat (18/3/2022).

Dalam konteks mengejar transisi energi, pemerintah telah menetapkan target pengurangan emisi karbon sebesar 29 persen pada 2030 mendatang. Nicke mengaku, Pertamina siap mendukung upaya pemerintah tersebut untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan emisi lainnya yang menyebabkan pemanasan global.

Nicke membeberkan ada delapan pilar transisi energi. Pertama, meningkatkan kilang Pertamina untuk menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan, pengembangan lebih lanjut Bioenergi dalam bentuk biomassa dan bioetanol, dan mengoptimalkan potensi dan meningkatkan kapasitas panas bumi terbesar serta komersialisasi hidrogen.

Kemudian, Pertamina juga mengambil peran strategis dalam ekosistem baterai yang terintegrasi di Indonesia. Nicke menyebut pihaknya juga memperkuat gasifikasi terintegrasi untuk sektor rumah tangga hingga industri. Lalu, di bidang pembangkit listrik, Nicke menegaskan komitmennya menekan jejak karbon.

“kami terus berupaya untuk menerapkan Carbon Capture, Utilization, and storage (CCUS) dalam peningkatan produksi beberapa ladang minyak dan gas,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Isu Utama

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan fokus pada 3 bahasan utama terkait transisi energi dalam forum Energy Transitions Working Group (ETWG) di Presidensi G20 Indonesia. Ketiganya berupa akses, teknologi, dan pendanaan.

"Kami bawa semua diskusi G20 untuk mendorong energi transisi di negara masing-masing," kata Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis Yudo Dwinanda Priaadi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (4/2/2022).

Fokus pertama yakni akses energi mengarah kepada energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua, terutama energi untuk elektrifikasi dan memasak bersih.

Fokus kedua dalam forum ETWG Presidensi G20 Indonesia adalah berbicara teknologi untuk membangkitkan lebih banyak energi dengan cara yang lebih efisien atau dengan cara baru.

Penyimpanan energi akan menjadi salah satu topik yang diangkat dalam topik teknologi, termasuk sistem energi rendah karbon, pembangunan industri bersih, integrasi energi terbarukan hingga efisiensi energi.

Adapun isu prioritas ketiga adalah pendanaan. Transisi energi membutuhkan proyek-proyek baru hingga investasi baru agar pembangkit listrik bersih dapat berkembang secara masif.

"Ini menjadi harapan kami, ketiga isu tersebut dapat dibicarakan, sehingga kita mencapai global deal untuk mempercepat transisi energi," ujar Yudo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.