Sukses

Dukung Kemandirian Masyarakat, Lions Club Indonesia Panen 3.000 Jagung Merah

Komunitas Lions Club Distrik 307-A1 lakukan panen raya jagung merah di daerah Ciganjur.

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Lions Club Distrik 307-A1 lakukan panen raya jagung merah di daerah Ciganjur. Hasil panen sebanyak 3000 jagung itu dibagikan kepada masyarakat untuk dijual.

Komunitas filantropi bagian dari jaringan Lions Club International ini juga mendukung kemandirian ekonomi di masyarakat.

"Hasil panen sekitar 3000-an jagung yg diserahkan ke masyarakat yang sudah di koordinir, untuk dijual sebagai tambahan ekonomi," kata Ketua Komite Relieving the Hunger Lions Club Distrik 307-A1, Susi Marzita kepada Liputan6.com, Sabtu (19/2/2022).

"Dalam hal ini Lions Club Distrik 307-A1 tidak memberi ikan, tapi memberi pancing. Sebagai bagian dari kemandirian dan ketahanan pangan nasional," imbuh dia.

Susi membeberkan manfaat dari jagung merah yang baru dipanennya ini. Jagung merah ini, kata dia, merupakan varietas lokal yg ditanam tanpa pupuk atau pestisida, artinya organik.

"kelebihanya rendah gula, kaya serat dan mengandung betacaroten yang tinggi," katanya.

Dengan demikian, jagung merah ini dinilainya cocok dikembangkan untuk konsumsi masyarakat Indonesia dengan suhu tropis. Khususnya bagi para penderita penyakit dalam diabetes melitus ini aman sebagai pengganti karbohidrat.

"Jagung merah ini juga penanamannya sangat singkat, hanya membutuhkan waktu 1 minggu saja," tukasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panen Raya

Komite Feed the Hunger Lions Clubs District 307-A1 menyelenggarakan Panen Raya Jagung Merah. Acara panen raya ini dilakukan di Kebun Bibit Casamora, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Panen raya ini sekaligus sebagai aksi nyata dukungan terhadap Program Stabilitas Ketahanan Pangan Nasional.

Dikutip dari keterangannya, Sabtu (19/2/2022), kali ini ada 3.000 jagung merah yang dipanen. Hasil panen akan dibagikan kepada warga pra sejahtera di sekitar Kebun Bibit Casamora Jagung merah ini ditanam 3 bulan lalu, tepatnya tanggal 28 November 2021.

Jagung ditanam dengan pola grid pada jarak 25 cm vertikal dan 50 cm horisontal.

Panen raya ini juga sebagai partisipasi dalam upaya pemerintah membangun ketahanan pangan nasional sehingga mendukung program nasional.

Tidak hanya itu, Feed the Hanger juga memberikan edukasi sekaligus mengenalkan varietas baru jagung merah kepada masyarakat sehingga memiliki alternatif makanan bergizi rendah karbohidrat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.