Sukses

Erick Thohir Luncurkan Pertamina Grand Prix of Indonesia: Ingin Ada Education Hub di Mandalika

Sejumlah aspek pendidikan yang bisa dikembangkan di wilayah Mandalika, khususnya berkaitan dengan hospitality.

Liputan6.com, Jakarta
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Mandalika bisa menjadi ekosistem atau hub. Ini sebagai wujud pengembangan daerah yang menggelar event akbar MotoGP di bawah Dornna Sports dan Pertamina. 
 
Pada kesempatan ini, Pertamina meluncurkan Pertamina Grand Prix of Indonesia berupa hub yang berlangsung pada 12 Februari - 20 Maret 2022.
 
Ke depannya, Erick Thohir berharap tercipta ekosistem pendidikan di Mandalika. "Di Mandalika sendiri bisa dibangun tak hanya komplek sports (olahraga), ada Mandalika education hub. Jadi bisa kita dorong aspek pendidikannya," kata dia dalam Konferensi Pers peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (9/2/2022). 
 
Sejumlah aspek pendidikan yang bisa dikembangkan di wilayah Mandalika ini. Khususnya berkaitan dengan hospitality yang jadi kekuatan wisata Indonesia. 
 
"Supaya nanti kita bisa masuk mendukung namanya pendidikan hospitality, desain, cooking, teknologi, sehingga menjadi ekosistem yang tak hanya sport," jelas dia. 
 
Sementara itu, berkaitan dengan fasilitas pendukung seperti homestay, disebutkan akan fokus pada 63.000 homestay yang sudah direncanakan. Kedepannya, ada kesempatan untuk diperbanyak lagi. 
 
"Kita bagi beberapa kategori, ada yang di hotel, ada yang di homestay, tapi kita pentingkan masyarakat bisa ditinggali rumahnya, homestay juga sudah Presiden tinjau dan ada beberapa yang sudah siap," jelas dia. 
 
"Alternatif lainnya juga dari hasil rapat ada rumah yang dibeli oleh siapa itu tapi masih kosong, ini akan kita pakai bantuan ketika ada yang mau tinggal disana. Kita fokus di 63 ribu pertama, kalau itu berjalan baik, kita akan tingkatkan ke 100 ribu," imbuh dia. 
 
 
 
 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapannya

Menteri Erick menyinggung kondisi Covid-19 di Indonesia. Dikatakan perlu perhatian dalam pelaksanaan event di Mandalika. 
 
"Ini harus dipastikan kita bisa menyelenggarakan dengan baik, tadi disampaikan kita punya bubble, ini yang kita lakukan semoga di bulan Maret bisa terlaksana dengan baik," katanya. 
 
"Jangan sampai setelah event jadi hal-hal yang tidak kita inginkan," imbuhnya.
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.