Sukses

Wah, Ibu Kota Negara Baru Akan Dibuat Metaverse

Kata Menteri PPN, perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masterplan pembangunan ibu kota negara baru.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan saat ini pemerintah sedang mempersiapkan Ibu Kota Negara baru dalam bentuk metaverse.

Hal ini disampaikan Suharso dalam rapat kerja dengan Pansus Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di Gedung DPR, Kamis (13/1/2022).

Kata Suharso, perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masterplan pembangunan ibu kota baru. Sehingga berbagai kemungkinan bisa dimasukkan ke dalam perencanaan.

Menurutnya, fiber optic infrastructure tidak bisa berhenti di 4.0 atau 5.0, melainkan ke depan akan muncul revolusi industri 6.0, 7.0 dan seterusnya.

“Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram dan sekarang sudah ada metaverse, dan kami juga sedang mempersiapkan kota ibu kota negara itu dalam bentuk metaverse, mudah-mudahan dalam 4 bulan ini di Bappenas Bisa tunjukkan kira-kira ibu kota negara itu seperti apa,” kata Suharso.

Dengan demikian, bentuk ibu kota negara tidak lagi dalam bentuk maket maupun hologram. Melainkan dalam bentuk metaverse yang sifatnya reaktif, dan saat ini masih dalam pengerjaan.

“Dan mudah-mudahan benar-benar 4 bulan kita bisa lihat. Jadi demikian pesatnya kemajuan teknologi sehingga hal-hal yang sifatnya teknis seperti itu kita letakkan di Peraturan Presiden dan kalau ada perubahan cukup di Peraturan Presiden,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman, Suharso tidak ingin masterplan ibu kota baru ini seperti masterplan ibu kota terdahulu yang membuat ibu kota menjadi tidak berbentuk karena terdapat detail-detail yang di luar masterplan.

“Jadi urban arsitektur juga menjadi penting disini, kita ingin kota itu cantik indah dan jelas Judulnya. Bukan kota tanpa judul,” pungkas Suharso.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Hanya Ikon Ibu Kota Baru, Istana Garuda Bakal Jadi Tempat Wisata

I Nyoman Nuarta, budayawan sekaligus desainer Istana Negara untuk Ibu Kota Negara (IKN), menyimpan sejumlah harapan dengan Istana Garuda yang telah didesainnya. Istana Garuda yang didesain untuk menjadi Istana Negara di ibu kota baru ini diharapkan bisa menjadi ikon baru untuk Bangsa Indonesia.

Nyoman Nuarta berharap, Istana Garuda yang sengaja didesain berbeda nantinya bisa jadi ikon ibu kota baru yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

"Istana itu tidak sekadar tempat bekerjanya presiden mengendalikan pemerintahan. Jadi istana diharapkan juga bisa menjadi ikon yang tidak ada duanya di dunia," ujar Nyoman kepada Liputan6.com, Minggu (9/1/2022).

Dengan menjadi ikon, dia percaya Istana Garuda bukan hanya jadi kebanggaan negara saja, tapi juga bisa mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah.

"Kalau istana bisa jadi ikon kan itu akan mengembangkan turisme. Kalau turisme berkembang kan kegiatan ekonomi, UMKM di sekitar bisa ikut bergerak. Jadi istana ini dipikiran saya bukan cuman buat presiden, ini buat bangsa," ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.