Sukses

Ingin Jalan-Jalan ke Ancol dan TMII di Libur Tahun Baru? Simak Jam Operasionalnya

Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa tetap buka pada 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Tahun Baru 2022 ini bertepatan dengan hari libur Sabtu dan Minggu. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, terdapat beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat libur Tahun Baru ini.

Dua diantaranya adalah Ancol dan Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII). Dia tempat wisata ini memiliki banyak wahana yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dari anaka-anak, orang muda hingga dewasa.

Namun sebelum berkunjung, perlu diperhatikan waktu operasional dari tempat wisata tersebut. Pasalnya, ada pembatasan waktu operasional tempat wisata selama libur Tahun Baru 2022. Hal ini guna mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat saat pergantian tahun.

Dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 789 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kapasitas dan Waktu Operasional Usaha Pariwisata pada Saat Pergantian Tahun 2022, kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Margasatwa tetap buka pada 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

Namun saat beroperasi tempat wisata tersebut harus melakukan sejumlah pembatasan. Yakni pengelola harus membatasi pengunjung maksimal 75 persen dari kapasitas gedung. Kemudian waktu operasional mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB, dengan batas waktu penjualan tiket pukul 13.00 WIB.

Untuk lebih rincinya, dirangkum Liputan6.com, Sabtu (1/1/2021), berikut ini waktu operasional Ancol dan TMII selama libur Tahun Baru:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancol

Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Rabu (29/12/2021), pengelola menulis, "Ancol dan unit rekreasi di dalamnya tetap buka, namun hanya setengah hari." Karena itu, mereka meminta pengunjung memperhatikan jam operasionalnya.

Dijelaskan bahwa untuk olahraga, tujuan wisata di kawasan Jakarta Utara itu buka pukul 6.00--14.00 WIB. Sementara untuk kegiatan rekreasi, pintu Ancol terbuka pada pukul 9.00--14.00 WIB.

Lebih detailnya, pintu gerbang Ancol akan dibuka pukul 6.00--14.00 WIB. Wahana Dunia Fantasi pada pukul 9.00--14.00 WIB. Jam yang sama juga berlaku untuk Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Allianz Ecopark, dan Faunaland.

Sedangkan, Gondola di kawasan itu akan beroperasi pukul 10.00--14.00 WIB. Syarat kunjungannya adalah pengunjung wajib melakukan pembelian tiket sehari sebelum berkunjung. Pembelian bisa dilakukan melalui situs web maupun aplikasi pihaknya.

Ancol juga memberlakukan pembatasan kunjungan per harinya, karena itu tidak diperkenankan membeli tiket langsung di tempat. Terakhir, pengunjung harus sudah divaksin COVID-19 dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

 

3 dari 3 halaman

Taman Legenda Keong Mas TMII

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Taman Legenda Keong Mas TMII, tarif kunjungan seharga Rp 100 ribu per orang untuk satu hari. Tarif tersebut termasuk menikmati 10 wahana dan harga tiket berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Taman Legenda Keong Mas membagikan kabar tersebut melalui unggahan di akun Instagram pada 25 Desember. Tiket wisata ke destinasi ini bisa dibeli secara online di platform-platform biro perjalanan.

Tarif kunjungan disampaikan tidak termasuk dengan tiket gerbang utama TMII dan tidak termasuk jaminan gelang Rp10 ribu per gelang. Bagi pengunjung dengan tinggi badan d bawah 90 sentimeter tidak dikenakan biaya alias gratis.

Taman Legenda Keong Mas beroperasi mulai 09.00--18.00 WIB setiap hari. Sebelum berkunjung, ada beberapa persyaratan yang perlu untuk diketahui.

Pengunjung wajib sudah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Pengunjung diminta untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Anak usia di bawah 12 tahun sudah dapat berkunjung ke Taman Legenda Keong Mas TMII. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman ke area Taman Legenda. Setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu diberlakukan Ganjil Genap dari pukul 12.00--18.00 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.