Sukses

Jokowi Sebut Sektor Teknologi Digital Menang Lawan Gempuran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, teknologi digital merupakan satu salah satu sektor unggulan. Bahkan, menjadi pemenang dalam melawan pandemi Covid-19.

"Dalam situasi pandemi (Covid-19), teknologi digital menjadi salah satu yang merupakan the winner," ungkap Jokowi dalam pidatonya yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara Opening Ceremony The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu (11/12).

Jokowi menerangkan, kesuksesan sektor teknologi digital lantaran mampu melayani berbagai transaksi masyarakat di tengah pembatasan kontak fisik selama pandemi berlangsung. Menyusul, adanya pemanfaatan teknologi untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut.

"Jadi, dalam situasi seperti ini. Teknologi digital memberikan solusi," tekannya.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan tranformasi digitalisasi di berbagai sektor. Termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Ke depan, transformasi menuju digital teknologi akan menjadi terakselerasi," tandasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Transformasi Digital Mampu Tingkatkan Pendapatan UMKM

Sebelumnya, Jonathan Bryan Chief Marketing Officer KoinWorks mengatakan transaksi online menunjukan peningkatan kala pandemi. Hal ini tentu menjadi berkah bagi pelaku UMKM yang sudah melakukan go digital maupun hybrid. Menurutnya, pelaku UMKM yang melakukan strategi tersebut pendapatannya mampu meningkat 20 persen.

"Digital merupakan salah satu hal paling penting agar bisnis bisa berkembang," kata Jonathan saat diskusi virtual beberapa waktu yang lalu.

Oleh karena itu, KoinWorks berusaha memberikan akses untuk UMKM ke layanan keuangan agar mereka bisa berekspansi. Sejauh ini, KoinWorks telah meminjamkan hampir Rp 1 triliun di Q2 2021, dan telah melampaui angka Rp 2 triliun di kuartal selanjutnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com