Sukses

Resmikan GIIAS 2021, Menko Airlangga: Gas dan Rem Tangani Covid-19 Diambil dari Ilmu Otomotif

Keberhasilan Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19 tak lepas dari startegi untuk memulihkan ekonomi sekaligus menekan laju penularan virus corona jenis baru tersebut. Atau dikenal dengan istilah gas dan rem .

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara atau. Hal itu disampaikannya saat meresmikan ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD City, Tangerang Banten, Sabtu (2/10).

"Kasus penanganan Covid-19 di Indonesia adalah yang terbaik di Asean. Berdasarkan penilaian WHO 34 provinsi Indonesia berada level 1," ungkapnya.

Menko Airlangga menerangkan, keberhasilan Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19 tak lepas dari kepiawaian Presiden Jokowi dalam menemukan titik keseimbangan untuk memulihkan ekonomi sekaligus menekan laju penularan virus corona jenis baru tersebut. Atau dikenal dengan istilah gas dan rem di sektor otomotif.

"Jadi, (strategi) ini adalah ilmu yang diambil dari teknik otomotif. Yakni gas dan rem, persenelingnya juga otomatis," ungkapnya.

Alhasil, sambung Airlangga, saat ini proses pemulihan ekonomi nasional terus menunjukkan capaian yang menggembirakan disertai dengan tren penurunan kasus harian Covid-19. Saat ini, kasus harian Covid-19 mampu diredam di bawah angka 500 berbanding terbalik dengan beberapa waktu lalu yang mengalami peningkatan pesat.

"Jadi, dengan ilmu gas dan rem maka bapak Presiden mengendalikan perekonomian dan penanganan Covid-19 secara berimbang. Kita lihat di kuartal II perekonomian digas di 7,07 karena Covidnya rendah. Namun saat Covid meningkat di Juli diinjak rem, maka pertumbuhannya turun di 3,5 persen," tandasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangerang PPKM Level 1, Begini Aturan Prokes Masuk GIIAS 2021

Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, kembali digelar pada 11-21 November di ICE BSD City, Tangerang Banten. Perhelatan GIIAS kali ini akan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat sesuai arahan pemerintah.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyampaikan bahwa turunnya status PPKM Kabupaten Tangerang ke level 1 adalah hal yang patut disyukuri. Meski begitu, disiplin protokol kesehatan secara ketat tetap dilakukan dalam penyelenggaraan GIIAS 2021.

    "Kami bersyukur bahwa Kabupaten Tangerang sebagai area tempat berlangsungnya GIIAS 2021 telah mencapai status PPKM level 1, namun perlu kami tegaskan bahwa pemberlakuan protokol kesehatan akan tetap berlaku sepanjang penyelenggaraan GIIAS," ungkapnya, Kamis (11/11).

Yohannes menyampaikan, seluruh pihak yang hadir dalam GIIAS 2021 diharuskan menaati aturan prokes. Antara lain dalam kondisi sehat dan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 secara lengkap yang terdaftar diaplikasi PeduliLindungi.

"Selain itu, pengunjung diharuskan selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.