Sukses

CEO Ini Percaya Ada 2 Hal yang Membuat Seseorang Bisa Sukses

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada tongkat ajaib yang bisa membuat seseorang menjadi sukses. CEO perusahaan pakaian FUBU Daymond John percaya bahwa untuk menjadi sukses, seseorang perlu membuat kesalahan dan memiliki keinginan untuk terus belajar.

Pemikiran tersebut didapatkan setelah John berbincang dengan orang-orang yang dianggapnya sukses. Bahkan, panutannya juga memiliki ketakutan, perjuangan, dan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan John.

Melansir dari CNBC, Jumat (15/10/2021), John adalah seseorang yang berhasil mengubah kain seharga USD 40 (Rp 564 ribu) menjadi merek pakaian urban streetwear yang mampu menghasilkan pendapatan hingga USD 6 miliar (Rp 84,7 triliun).

Awalnya, ia tidak pernah mengerti mengapa beberapa orang seperti dirinya ditakdirkan untuk sukses.

"Saya pikir mereka memiliki sesuatu yang istimewa. Tiba-tiba ada hadiah atau seseorang memukul mereka dengan tongkat ajaib," kata John.

2 dari 2 halaman

Kesalahan dalam Bisnis

Dalam perjalanannya yang panjang untuk meraih kesuksesan, John membuat banyak kesalahan. FUBU sempat ditutup tiga kali selama tiga dekade terakhir karena kehabisan uang.

Upaya perusahaan untuk memperluas jangkauan produk ke pakaian wanita membawa kerugian bagi perusahaan sebesar USD 6 juta (Rp 84,6 miliar).

John juga pernah hampir kehilangan rumahnya pada 2017 setelah mengambil hipotek sebesar USD 300 ribu (Rp 4,2 miliar) tanpa memahami kewajiban dalam pembayaran utang.

Ia berani untuk berkata jujur dan menceritakan semua kesalahan yang pernah dilakukannya dalam bisnis karena panutannya jarang membagikan kesalahan mereka di depan umum. John percaya bahwa kesalahan bisnis sekecil apa pun bisa berakibat fatal.

Begitu menyadari orang sukses di sekitarnya menerima kesalahan dan terus belajar, John hanya memiliki satu pertanyaan, “Mengapa saya tidak bisa melakukannya?”

Pasalnya, kesuksesan bisa datang ketika semua hal berjalan dengan baik ataupun buruk sekalipun.

Reporter: Shania