Sukses

Ini 2 Instansi yang Jadwal Ulang Tes SKD CPNS 2021 Akibat Internet Down

BKN mengimbau agar Tilok Mandiri Instansi Daerah segera bersurat untuk penjadwalan ulang tes SKD CPNS 2021.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadwal ulang pelaksanaan Tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung pada 20-21 September 2021 pada beberapa tilok mandiri akibat jaringan internet yang terganggu.

Sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan milik Telkom Group sempat terganggu dan menghambat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2021 di sejumlah titik lokasi (tilok) mandiri. Diketahui gangguan terjadi sejak Minggu (19/9/2021).

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja sama BKN Satya Pratama menjelaskan, kendala teknis tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP Telkom Group di beberapa wilayah di Indonesia.

"BKN mengambil langkah mitigasi berupa pemanfaatan koneksi jaringan dari provider lain sebagai alternatif pada beberapa Titik Lokasi (Tilok) SKD yang memungkinkan dan meminta Telkom untuk menambah kapasitas dan mempercepat pemulihan jaringan," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Tercatat Tilok Mandiri BKN Balikpapan untuk Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian menjadi instansi yang melakukan penjadwalan ulang.

Selanjutnya, kedua instansi bisa mengumumkan kembali jadwal baru pelaksanaan SKD sesuai waktu yang diberikan BKN.  

BKN mengimbau agar Tilok Mandiri Instansi Daerah segera bersurat ke BKN untuk penjadwalan ulang tes SKD CPNS setelah melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Regional BKN setempat.

Langkah mitigasi dilakukan BKN dengan memanfaatkan koneksi jaringan dari provider lain sebagai alternatif pada beberapa tilok SKD yang memungkinkan.

BKN juga meminta Telkom menambah kapasitas dan mempercepat pemulihan jaringan. Saat ini, SKD CPNS 2021 sedang memasuki tahap kedua yang dimulai dari 14 September 2021 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cadangkan Provider Lain

Panitia instansi di tiap-tiap tilok mandiri diharapkan menyediakan provider internet lain sebagai cadangan apabila provider utama kembali mengalami gangguan. Sebelumnya, langkah tersebut sudah dilakukan oleh sejumlah Tilok Mandiri BKN di 13 kota.

Pemantauan dan koordinasi terkait pemulihan jaringan akan terus dilakukan oleh BKN bersama dengan Telkom Group.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.