Sukses

300 Ribu UMKM Sudah Gabung ke DANA Bisnis

Sejak dliuncurkan pada tahun 2019 hingga 2021, tercatat lebih dari 300.000 UMKM di Indonesia yang sudah bergabung dalam DANA bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA menyampaikan, sejak DANA bisnis dliuncurkan pada tahun 2019 hingga 2021, tercatat lebih dari 300.000 UMKM di Indonesia yang sudah bergabung dalam DANA bisnis.

“Saat ini sudah lebih dari 300 ribu mitra UMKM yang bergabung dalam DANA bisnis, ini memang produk baru sekitar 2 tahun yang lalu kita launching tahun 2019 dengan spirit membantu teman-teman UMKM, alhamdulillah setelah 2 tahun launching ada sekitar 300 ribu lebih teman-teman UMKM yang mempercayakan transaksi nya melalui DANA bisnis,” kata Head of QR Operations DANA Luqman Ibnu, dalam Peran DANA Bisnis dalam proses digitalisasi UMKM di Indonesia, Jumat (17/9/2021).

Adapun dalam paparannya, dari 300 ribu merchant UMKM itu yang terbanyak menggunakan DANA bisnis ada di Jawa Barat sebesar 35 persen, Jawa Timur 19 persen, DKI Jakarta 19 persen, Jawa Tengah 18 persen, Kalimantan 5 persen dan Sulawesi 5 persen.

“Dari 300 ribu itu, lokasinya kebanyakan masih di wilayah Jawa pemetannya, hampir 35 persen ada di Jawa Barat dan disusul oleh Jawa Timur dan DKI Jakarta 19 persen, baru di Kalimantan dan Sulawesi 5 persen,” ujarnya.

Namun, ke depannya DANA akan terus memperluas jangkauannya, tidak hanya fokus di pulau Jawa saja melainkan juga ke luar Jawa. Sebab, banyak UMKM di luar Jawa yang belum menggunakan pembayaran secara digital.

“Yang ada diluar Jawa potensinya sangat besar dan jumlah UMKM-nya juga besar,” imbuhnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Kemudahan Ditawarkan

Menurutnya sangat disayangkan jika pelaku UMKM di luar Jawa tidak memanfaatkan fitur DANA bisnis. Banyak kemudahan yang ditawarkan DANA bisnis, cukup mengunduh satu aplikasi saja “DANA” pelaku UMKM bisa melakukan transaksi dengan cepat melalui QR Code.

“Jadi kalau mereka tidak menikmati sarana yang sama dengan teman-teman di Jawa sangat disayangkan, karena DANA bisnis sangat mudah tidak perlu ketemu orang  hanya cukup download aplikasi sudah bisa daftar, dan tidak sampai 2 hari sudah bisa menrima QR untuk menerima transaksi,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.