Sukses

Erick Thohir: Siswa yang Rasakan Pandemi Bakal Jadi Penerus Bangsa yang Tangguh

Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada 25 Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus positif COVID-19 yang menurun dan perubahan status PPKM berlevel di sejumlah daerah membuat sekolah akan dibuka kembali. Sekolah tatap muka bisa kembali terlaksana.  

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan ke SDN Cikuya III, Banten. Pada kesempatan kali ini, ia berbincang santai dengan salah satu siswi.  

Erick sempat bertanya terkait cita-cita dari siswi tersebut. Ternyata, ia ingin menjadi dokter hewan. Aktivitasnya terekam dalam video berdurasi 1 menit yang diunggah di akun Instagram Erick (@erickthohir), Senin (13/9/2021).

Video juga memperlihatkan bagaimana Erick membantu seorang siswa menggunakan seragam sekolahnya. Aktivitas dilanjutkan dengan pemberian tas sekolah kepada siswa lainnya.    

Kunjungan Erick ke SDN Cikuya III memberikan gambaran mengenai tantangan yang dihadapi siswa dan orang tua, serta guru selama pelaksanaan pembelajaran online. Ia percaya bahwa para siswa/i akan menjadi generasi yang tangguh dan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Pembelajaran tatap muka perlahan akan kembali dibuka. Senang rasanya melihat anak-anak begitu antusias, bisa kembali bertemu guru dan teman bermain mereka. Serta yang paling penting pakai seragam lagi.  

Kunjungan saya ke SDN Cikuya III, #Banten, telah memberi gambaran mengenai tantangan yang dihadapi siswa, guru, dan orang tua murid selama sekolah daring. Melihat semangat para siswa, saya sangat yakin generasi siswa yang dihantam pandemi ini, kelak akan menjadi penerus bangsa yang tangguh dan cepat beradaptasi dengan zaman.

Lebih lanjut, Erick juga memberikan bantuan sarana prasarana kepada 25 Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Banten melalui kunjungan tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Taman Baca

Selain ke SDN Cikuya III, Erick juga berkunjung ke Taman Baca Masyarakat (TBM) Palakota Kreatif di Desa Cikuya. Tujuannya adalah untuk mengantarkan buku, rak buku, serta peralatan mewarnai dan menggambar dari CSR BRI Peduli.  

Erick melakukan interaksi dengan anak-anak Desa Cikuya. Melansir dari akun Instagram @erickthohir, Selasa (14/9/2021), foto yang diunggahnya menunjukkan Erick memegang sebuah buku dan mengajar anak-anak.  

Ia ingin memahami tantangan yang dihadapi oleh para guru baca tulis, tutur kisah, dan imajinasi di Desa Cikuya. Berikut adalah cuplikan tulisan yang sempat Erick bagikan pada kunjungan tersebut.

Ada alasan mengapa pada ayat pertama dalam Al-Qur’an, kita diperintahkan untuk Iqra’; Bacalah.  

Membaca bukan sekadar mampu mengeja huruf, namun kemampuan untuk mencerna pesan, berpikir luas, logis, dengan banyak perspektif dan imajinasi.  

Hormat saya pada pahlawan literasi, yang senantiasa bekerja dengan hati. Terimakasih telah mendekatkan anak-anak Indonesia pada buku dan ilmu.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.