Sukses

Intip Kisi-kisi Soal Tes SKD CPNS 2021 di Sini, Digelar Tak Lama Lagi

Bagi peserta yang sudah lulus, bersiap untuk ikut tahap selanjutnya yaitu tes SKD CPNS 2021.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang pengumuman hasil sanggahan seleksi administrasi CPNS 2021 hingga 20 Agustus 2021 ini.

Hal itu membuat jadwal Seleksi Kompetensi Dasar atau tes SKD CPNS pun kemungkinan akan mengalami keterlambatan.

Sambil menunggu waktu, mari peserta CPNS 2021 yang lolos seleksi administrasi mempersiapkan diri dengan mempelajari materi tes SKD dengan matang.

"Bagi para pelamar yang sudah lolos seleksi administrasi sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang dengan belajar dan juga berlatih simulasi CAT online," ujar Pelaksana tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono kepada Liputan6.com. 

Lalu apa saja materi tes SKD CPNS 2021?

Dikutip dari akun Instagram resmi @bkngoidofficial, Jumat (20/08/2021), materi tes SKD meliputi tiga kategori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK adalah tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan serta pengetahuan peserta.

Penilaian tersebut terkait dengan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Lainnya

Adapun mengenai Tes Intelegensia Umum atau TIU. Tes ini merupakan tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan para peserta dalam mengimplementasikan kemampuan verbal yang meliputi analogi, silogisme, dan analitis.

Selain itu, terkait dengan kemampuan numerik yang meliputi berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Ada pula satu lagi terkait kemampuan figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Sedangkan kategori yang ketiga mengenai Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Tes ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan terkait pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, profesionalisme, dan antiradikalisme.

3 dari 3 halaman

Rincian Soal

Sebanyak 110 soal akan diberikan dalam SKD CPNS 2021 dengan tiga materi berbeda, antara lain 30 soal Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Durasi waktu yang diberikan dalam SKD adalah 100 menit. Namun, untuk peserta dengan kategori disabilitas akan diberikan durasi waktu lebih dalam pelaksanaan SKD yaitu 130 menit.

Peserta akan mendapatkan nilai 5 jika menjawab benar dan nilai 0 jika menjawab salah/tidak menjawab pada materi TWK dan TIU.

Dengan demikian, nilai maksimal yang didapatkan untuk TWK adalah 150 dan nilai maksimal untuk TIU adalah 175.

Sementara itu, materi TKP memiliki nilai paling rendah 1, nilai paling tinggi 5, dan tidak menjawab 0. Jadi, nilai maksimal untuk TKP adalah 225.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.