Sukses

2 Petuah Miliarder Warren Buffet Tentang Cara Melindungi Diri dari Inflasi

Miliarder Warren Buffett, mengungkapkan setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan seseorang untuk terlindungi dari inflasi ini.

Liputan6.com, Jakarta Kenaikan harga barang pada tingkat tertinggi dalam lebih dari satu dekade adalah salah satu pertanda yang buruk. Hal tersebut bisa dianggap sebagai pemicu kekhawatiran terjadinya inflasi yang menyebabkan perekonomian akan terganggu.

Meskipun beberapa ekonom dan pakar keuangan lain mengatakan bahwa inflasi ini tidak mengkhawatirkan, tetapi hal ini pasti akan terjadi.

Inflasi pasti akan terjadi kapan pun dan setiap individu tidak bisa mengelak. Akan tetapi menurut miliarder Berkshire Hathaway dan investor terkemuka Warren Buffett, setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk terlindungi dari inflasi ini.

Sedikit mengingat masa lalu saat 2009. Di akhir Resesi Hebat, Oracle of Omaha mengatakan pada saat pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire, hal terbaik yang bisa dilakukan seseorang untuk melindungi diri dari inflasi adalah dengan mendalami keterampilan dan pekerjaan di bidang mereka untuk menjadi yang teratas.

“Jika Anda adalah guru, ahli bedah, atau pengacara terbaik, Anda akan mendapatkan bagian Anda dari ekonomi nasional, terlepas dari nilai mata uang apa pun,” kata Warren Buffet, seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (10/8/2021).

Dengan artian, jadilah orang hebat dalam bidang yang Anda kuasai. Itu akan memastikan bahwa Anda menerima bagian yang adil, tidak peduli dengan apa yang terjadi pada nilai mata uang.

Buffet mengatakan, “Hal terbaik yang harus dilakukan adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri.”

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliki Bisnis yang Luar Biasa

Hal kedua lainnya menurut Buffet untuk mampu melindungi diri dari inflasi adalah punya bisnis yang luar biasa. Karena apa pun yang terjadi dengan nilai mata uang, produk bisnis yang luar biasa akan tetap laris.

Buffet mencontohkan, “Jika Anda memiliki perusahaan Coca-Cola, Anda akan mendapatkan bagian tertentu dari tenaga kerja 20 tahun atau 50 tahun dari sekarang untuk produk Anda dan itu tidak ada bedanya pada apa yang terjadi dengan tingkat harga,” Itu karena jika orang banyak yang menyukai produk tersebut, mereka akan tetap membelinya.

Di samping itu, daripada memilih hanya satu perusahaan untuk berinvestasi, pertimbangkanlah untuk berinvestasi dalam dana indeks dengan biaya rendah, yang memiliki risiko lebih kecil.

Buffet menyarankan untuk menginvestasikan uang dalam dana tersebut agar bisa menahan setiap saham dalam indeks sehingga dapat membuat mereka terdiversifikasi secara otomatis. S&P 500 misalnya, yang mencakup perusahaan besar, seperti Appel, Coca-Cola, atau Google.

Selain memiliki risiko lebih kecil, dana indeks yang terdiversifikasi adalah pilihan yang masuk akal sepanjang waktu bagi orang yang ingin memiliki tabungan pensiun.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.