Sukses

Percepat Herd Immunity, PTPN Group Gandeng GAPKI Gelar Vaksinasi Massal

Holding Perkebunan Nusantara bekerjasama dengan GAPKI Cabang Sumatera Utara melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar kegiatan vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melalui anak perusahaan PTPN II dan PTPN III bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Sumatera Utara melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar vaksinasi di lingkungan kerja PTPN Group.

Vaksinasi yang berlokasi bertempat di Rumah Sakit Tanjung Selamat milik PT Tembakau Deli Medica anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara II dengan protokol kesehatan yang ketat tersebut diikuti oleh 750 Karyawan.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani menyampaikan program vaksinasi ini merupakan dukungan PTPN Group kepada pemerintah dalam mendukung percepatan vaksin nasional untuk mencapai ‘herd immunity’ (kekebalan kelompok) di lingkungan kerja PTPN Group.

“Pelaksanaan program vaksinasi ini dilakukan dengan peserta yang terdiri dari kebun/unit PT Perkebunan Nusantara II di wilayah kerja Kabupaten Langkat yaitu Kebun Kwala Sawit, Kebun Air Tenang, Kebun Batang Serangan, Kebun Sawit Seberang, Kebun Sawit Hulu, dan Pabrik Wilayah Distrik Rayon Utara; serta Karyawan di wilayah Kabupaten Deli Serdang, yaitu Bengkel Pusat, Pabrik Gula Sei Semayang, Kebun Helvetia, Kebun Sei Semayang, Kebun Bulu Cina, Kebun Tanjung Jati, Kebun Tandem, dan Kebun Kwala Madu,” ujar Ghani dalam keterangan pers, Kamis (5/8/2021). 

Dia mengungkapkan, dalam percepatan pembentukan kekebalan kelompok atau ‘herd immunity’ perlu didukung oleh kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas).

“Program vaksinasi ini dapat membantu untuk menguatkan imunitas dan melindungi karyawan PTPN Group dari paparan virus,” imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mewakili Dirut PTPN Holding mengatakan peran PTPN Group sebagai Badan Usaha Milik Negara menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksin dan menyediakan tenaga kesehatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten melaksanakan sentra vaksinasi di 14 Kabupaten pada 51 titik sentra vaksinasi.

“Kegiatan sentra vaksinasi ini menargetkan 9.134 vaksin yang akan diberikan kepada karyawan PTPN IV berserta batih di masing-masing wilayah kerja diadakan mulai tanggal 4 Agustus 2021 hingga 5 Agustus 2021 dengan persyaratan membawa fotocopy KTP/KK, nomor hp yang bisa menerima SMS, peserta dalam kondisi sehat dan sudah sarapan pagi, bagi yang memiliki penyakit Comorbid agar membawa surat keterangan rekomendasi vaksinasi dari dokter spesialis," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Herd Immunity

Kepala Subag Humas PTPN III Filiano Ari Akbar Harahap menjelaskan Sentra Vaksin PTPN III (Persero) bersama GAPKI untuk Karyawan PTPN III dan masyarakat sekitar dilaksanakan di 4 titik yaitu di RSU Sri Torgamba, RSU Indrya Husada Membang Muda, FKTP Rawat Inap Aek Nabara dan Balai Karyawan Kebun Batang Toru Tapanuli Selatan berlangsung pada tanggal 04 Agustus 2021, jumlah vaksin yang disediakan sebanyak 9.945.

Tujuan diadakannya agenda ini dalam memfasilitasi penyediaan sentra vaksin covid-19 tak lain adalah demi mengurangi angka penularan virus yang masih terus meningkat di sejumlah daerah. Di lain sisi, PTPN Group berharap bisa terus membantu pemerintah dalam percepatan  untuk ‘herd immunity’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.