Sukses

Akselerasi Vaksinasi Covid-19 Jadi Kunci Penyelamatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan Indonesia untuk pulih dari pandemi Covid-19 berada di urutan bawah jika dibandingkan dengan ratusan negara lain. Hal tersebut tertuang dalam riset Indeks Pemulihan Covid-19 Nikkei. Tercatat, Indonesia berada di posisi 110 dari 120 negara.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Ajib mengatakan, kemampuan Indonesia untuk pulih dari pandemi Covid-19 menjadi dasar dari pemulihan sektor ekonomi. 

Menurutnya, kunci dari pemulihan ekonomi Indonesia adalah menyelesaikan masalah kesehatan ini. Oleh karena itu, Ajib meminta kepada pemerintah agar mempergunakan seluruh insfrastruktur yang ada secara maksimal untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 ini. 

"Akselerasi program vaksinasi jadi kuncinya. Penyelamatan kesehatan dan pemulihan perekonomian adalah dua sisi yang harus dijaga keseimbangannya," kata Ajib kepada merdeka.com, seperti ditulis Jumat (16/7/2021).

Ekonomi Indonesia akan melaju seperti sebelum pandemi jika sudah terbangun herd immunity atau kekebalan komunal. Dengan jumlah penduduk Indonesia di kisaran 270 juta orang, maka 189 juta orang harus divaksin Covid-19 untuk memenuhi hitungan kekebalan komunal 70 persen.

 

2 dari 4 halaman

Keterlibatan Semua Elemen

Tentu saja, upaya vaksinasi covid-19 ini harus didukung oleh semua elemen masyarakat. Selain masyarakat yang mau divaksin juga harus didukung oleh tenaga medis.

Selain itu, program vaksinasi ini bukan hanya tanggung jawab tunggal pemerintah. Oleh karenanya, dengan adanya vaksin gotong royong diharapkan, kekebalan komunal di masyarakat akan terbentuk.

seperti diketahui, Indonesia berada di urutan ke-110 dalam riset Indeks Pemulihan Covid-19 Nikkei. Hal ini karena kasus baru dan kematian setiap hari mencapai rekor tertinggi dalam beberapa pekan terakhir.

Pejabat pemerintah dan ahli epidemiologi menyebut hari raya Idul Fitri sebagai faktor kunci lonjakan terbaru. Tapi rasa puas diri bisa menjadi faktor lain.

Data tren mobilitas negara dari Google menunjukkan orang Indonesia lebih terlibat dalam aktivitas secara normal dalam beberapa bulan terakhir dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: