Sukses

Gedung BPS di Jagakarsa Disulap Jadi Tempat Isoman Pasien Covid-19

Badan Pusat Statistik (BPS) turut menyediakan tempat isolasi mandiri di Gedung Pusdiklat BPS Jalan Jagakarsa Nomor 70, Jakarta Selatan

Liputan6.com, Jakarta Instansi pemerintah baik di tingkat kementerian/lembaga ataupun pemerintah daerah kerap berpartisipasi dalam mencegah penyebaran wabah pandemi yang kian masif, dengan menyewakan gedung perkantorannya sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Kali ini, Badan Pusat Statistik (BPS) turut menyediakan tempat isolasi mandiri di Gedung Pusdiklat BPS Jalan Jagakarsa Nomor 70, Jakarta Selatan.

BPS melalui akun Twitter @bps_statistics pada Sabtu (10/7/2021) menuliskan, hibah gedung tempat isolasi mandiri ini dikukuhkan dalam kegiatan doa bersama yang dihadiri oleh Kepala BPS Margo Yuwono beserta jajaran pimpinan secara virtual, Jumat 9 Juli 2021.

Dalam sambutannya, Margo menyampaikan apresiasi kepada Kepala Pusdiklat BPS dan seluruh pihak yang berperan merealisasikan fasilitas isolasi mandiri tersebut.

Adapun tempat isolasi mandiri di Jagakarsa ini diperuntukan bagi segenap pegawai di lingkungan BPS, beserta keluarga pegawai dan masyarakat sekitar Pusdiklat BPS.

Selain itu, PNS dari kementerian/lembaga lain yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga bisa memakai tempat isolasi mandiri ini melalui Swab RT PCR dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asrama Haji Pondok Gede Mulai Tampung Pasien Covid-19 per Sabtu Pagi Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Asrama Haji di Pondok Gede siap beroperasi menjadi RS Darurat untuk pasien Covid-19 pada Sabtu (10/7/2021) pagi ini.

Dari hasil kuniungannya pada Jumat (9/7/2021) kemarin, Jokowi menilai Asrama Haji sudah selesai renovasi untuk menjadi rumahnsakit darurat penanganan Covid-19.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), beserta seluruh jajarannya yang sudah bekerja keras dalam waktu lima hari menyiapkan Asrama Haji dikonversi menjadi rumah sakit," kata Jokowi.

Jokowi yakin RS Asrama Haji bisa beroperasi per Sabtu pagi ini, karena dirinya sudah mengecek langsung seluruh kesiapan di rumah sakit darurat tersebut.

"Saya sudah cek ke dalam, peralatan kesehatan, penggantian AC, kemudian perbaikan lift untuk pasien, saya lihat sudah dalam keadaan 99 persen siap," seru dia.

Pemerintah telah menyiapkan 910 tempat tidur isolasi, termasuk 36 HCU (high care unit) untuk pasien Covid-19 di Asrama Haji. Termasuk sebanyak 370 tempat tidur untuk tenaga kesehatan.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur, dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 5.952 tempat tidur.

Di samping itu, Pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.