Sukses

Mau Dipercaya Orang, Tirulah 4 Cara Miliarder Dunia Ini

Liputan6.com, Jakarta Mencapai kesuksesan besar dalam karier, membutuhkan kepercayaan yang tinggi dan reputasi yang baik. Hal itu tentu tidak mudah. Akan tetapi selagi setiap orang mau berusaha, pasti impian menjadi sukses akan terwujud.

Seperti apa yang selalu miliarder Jeff Bezos  lakukan hingga ia mencapai kesuksesan hingga saat ini. Orang terkaya nomor satu dunia ini memaparkan 4 hal yang selalu dia lakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.  

Bezos mengatakan hal ini dalam kesempatan Forum Pertahanan Nasional Reagan pada 2019 lalu. Dikutip dari CNBC, Selasa (6/7/2021), berikut ini empat hal yang dilakukan Bezos untuk mendapatkan kepercayaan orang.

1. Lakukan hal-hal yang sulit

Bezos mengatakan, “Cara Anda mendapatkan kepercayaan berdasarkan bagaimana Anda mengembangkan repitasi, yaitu dengan melakukan hal-hal sulit dengan baik dan berulang-ulang.”

Dia menyebutkan militer AS sebagai contoh. Menurut Reagan Presidential Foundation and Institute, meskipun kepercayaan publik Amerika terhadap militer telah menurun sejak 2018, tetapi militer di sana masih tetap menjadi salah satu lembaga paling dipercaya di negara AS.

“Alasan mengapa militer memiliki dan reputasi yang tinggi adalah karena berulang kali militer melakukan hal-hal sulit dengan baik,” ujarnya.

Itulah mengapa ketika seseorang ingin mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari orang lain, lakukanlah hal-hal sesulit mungkin.

2. Jika memiliki rencana baik, lakukanlah

“Ini adalah hal yang sederhana yaitu ketika melakukan hal-hal sulit dengan baik, Anda akan memiliki integritas dan kompetensi. Itu berarti Anda harus melakukan apa yang Anda katakan,” kata Bezos.

Seperti apa yang dilakukan Bezos di perusahaannya Amazon yang mengatakan bahwa akan mengirimkan lebih dari satu miliar paket per tahun. “Kami benar-benar melakukannya,” ujar Bezos.

 

2 dari 3 halaman

3. Ambil sikap kontroversial

Sementara itu, beberapa orang berargumen bahwa orang yang diyakini seseorang dapat dipercaya dan memiliki niat baik. Akan tetapi, Bezos tidak percaya bahwa hal itu selalu terjadi karena setiap orang berbeda-beda.

“Orang-orang mungkin menyukai kutipan Anda sepert ini 'Tidak, kami tidak akan melakukan seperti itu. Saya tahu Anda ingin bagaimana, kami tidak akan melakukannya',” ujar Bezos. Perkataan seperti itu bisa digunakan untuk membuat seseorang agar dia percaya kepada Anda.

4. Jelas ambil sikap

Bezos mengatakan, ketika seseorang sudah mengambil sikap kontroversial, dia akan lebih mudah untuk mengambil keputusan yang diambil secara lebih jelas ke depannya.

“Jika kita jelas bahwa akan melakukan suatu tindakan atau tidak melakukannya, maka orang lain dapat memilih bergabung atau tidak,” kata Bezos.

Bezos mengatakan, “Kita hidup dalam demokrasi dengan banyak pendapat. Orang-orang berhak mengemukakan pendapat, tetapi tetap saja dalam kepemimpinan, seorang pemimpin berhak untuk mengatakan ya atau tidak.”

Konsistensi dan tindak lanjut sangat penting

Beberapa penelitian setuju dengan strategi yang dikatakan Bezos sebelumnya dalam membangun kepercayaan.

Studi yang diterbitkan dalam Academy of Management Review mencatatkan bahwa dalam berbagai eksperimen, kepercayaan, konsistensi, dan integritas dianggap sebagai kebutuhan mendasar, khususnya dalam berbisnis.

Reporter: Aprilia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini