Sukses

AAUI Sediakan 11 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Umum, ini Sentra Vaksinasinya

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggelar vaksinasi massal untuk para pekerja industri asuransi dan keluarganya serta masyarakat umum, dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi bersama AAUI. Kegiatan ini bertujuan mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Ketua AAUI, Hastanto Sri Margi Widodo, menjelaskan sentra vaksinasi bersama AAUI ini diselenggarakan di 2 lokasi, yaitu Lakespra TNI AU Saryanto, Pancoran, pada 18 – 30 Juni 2021 dan Hall Basket Plaza Festival, Kuningan, pada 23 Juni – 3 Juli 2021.

"Sentra Vaksinasi ini akan melakukan vaksinasi untuk lebih dari 11.000 orang mulai 18 Juni sampai 3 Juli 2021 dengan kapasitas vaksinasi masing-masing sebesar 500 vaksinasi per hari," ungkapnya di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Dia merinci, untuk vaksinasi di Lakespra TNI AU Saryanto AAUI berkolaborasi dengan PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), bagian dari Zurich Group (Zurich). Sementara untuk yang berlokasi Hall Basket Plaza Festival, AAUI berkolaborasi dengan seluruh perusahaan Asuransi anggotanya dan beberapa pihak lainnya.

Lebih lanjut Ketua AAUI menjelaskan, sebagai sebuah model efektif untuk Publik & Private Sector Engagement, pembiayaan dari pelaksanaan Sentra Vaksinasi Bersama AAUI akan memanfaatkan dana CSR pada perusahaan asuransi dan menjadi pemenuhan pelaksanaan peraturan pada POJK 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, sertamelibatkan perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran sebagai bagian pemenuhan pengabdian masyarakat.

Melalui pengembangan inisiatif model yang scaleable dan economically viable serta pemanfaatan teknologi yang ekstensif, maka ekspansi skala nasional akan dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pemanfaatan teknologi juga telah diterapkan dengan menggunakan BarCode dan QR Code pada tiket registrasi vaksinasi secara online untuk operasional sentra vaksinasi yang Paperless dan Less-Contact serta flow & Crowd management yang baik.

 

2 dari 3 halaman

Pembiayaan oleh Sponsor

Lebih jauh lagi, pembiayaan sentra vaksinasi ini juga didapatkan dari para sponsor dalam dan luar negeri dengan penempatan logo sponsor pada tiket registrasi online sebagaimana terlampir.

Sentra Vaksinasi bersama AAUI juga akan beroperasi dengan sistem antrean dengan slot 21 orang per 15 menit yang telah terjadwal ketat sejak proses registrasi online. Dengan ke semua hal tersebut dan juga penetapan prokes yang ketat, maka diharapkan proses pelaksaan vaksinasi selama 14 hari ini akan dapat berjalan dengan aman dan tidak menimbulkan cluster penularan baru.

Sentra Vaksinasi bersama ini bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan terbuka bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang berada di sekitar lokasi sentra vaksinasi, dengan KTP DKI Jakarta. Untuk keefektivitasan program vaksinasi, masyarakat disarankan untuk terlebih dahulu memastikan informasi kepada perangkat daerah setempat sebelum datang ke sentra vaksinasi.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan proses vaksinasi, sentra vaksinasi ini didukung oleh tenaga kesehatan dari RSIA Tambak dan Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: