Sukses

Rupiah Melemah ke 14.222 per Dolar AS di Awal Pekan Ini

Rupiah dibuka di angka 14.200 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan awal pekan ini. Pelemahan rupiah seiring konsolidasi pasar menjelang pertemuan bank sentral AS The Federal Reserve.

Mengutip Bloomberg, Senin (14/6/2021), rupiah dibuka di angka 14.200 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya di angka 14.189 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah menguat ke 14.222 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.200 per dolar AS hingga 14.222 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 1,23 persen.

"Pasar perlu mewaspadai pelemahan nilai tukar rupiah hari ini terhadap dolar AS karena dolar AS terlihat rebound terhadap major currency seperti Euro, GBP, AUD, JPY, dan mata uang regional seperti SGD, Peso, Baht, Won, pagi ini.," kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Senin (14/6/2021).

Menurut Ariston, pasar kelihatannya melakukan konsolidasi menjelang pengumuman kebijakan moneter terbaru The Fed pada Kamis (17/6) dini hari.

Ariston memperkirakan hasil rapat The Fed kemungkinan besar akan tetap sama dengan rapat sebelumnya yaitu mempertahankan kebijakan yang sama seperti pembelian obligasi 120 miliar dolar AS per bulan dan suku bunga acuan di dekat nol persen.

Kendati demikian, lanjutnya, para pelaku pasar mewaspadai apabila The Fed akan membuka diskusi soal kemungkinan perubahan kebijakan ke arah yang lebih ketat karena kenaikan inflasi yang sudah melebihi target 2 persen selama beberapa bulan.

"Diskusi tersebut bisa menjadi indikasi The Fed bersiap mengubah kebijakannya dan ini bisa mendorong penguatan dolar AS ke depan," ujar Ariston.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Rupiah

Dari dalam negeri, naiknya angka positif COVID-19 mungkin bisa menjadi pemicu pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Pada hari Minggu (13/6) kemarin, tercatat penambahan kasus baru lebih dari 9.000 kasus, tertinggi sejak awal tahun.

"Bila angka ini berlanjut, mungkin ada pembatasan yang lebih ketat yang bisa mengganggu perekonomian," kata Ariston.

Ariston mengatakan rupiah hari ini berpotensi melemah ke kisaran Rp14.420 per dolar AS dengan potensi support di kisaran Rp14.170 per dolar AS.

Pada Jumat (11/6) lalu, rupiah ditutup menguat 58 poin atau 0,41 persen ke posisi Rp14.189 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.248 per dolar AS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.