Sukses

Orang Terkaya Dunia Bill Gates Umumkan Perceraian, Bagaimana Proses Pembagian Harta Gono-gininya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu orang terkaya dunia, Bill Gates baru saja mengumumkan perceraiannya. Berita ini menyita perhatian banyak orang, pasalnya tidak sedikit yang penasaran bagaimana harta ratusan miliar dolar yang dimiliki bos Microsoft itu akan dibagi kepada istrinya, Melinda Gates.

Dalam dokumen perceraian yang diajukan Melinda, menyatakan keduanya tidak menandatangani perjanjian pra-nikah. Meski begitu, keduanya memiliki perjanjian pemisahan yang akan mengatur pembagian harta kelak.

Perjanjian pemisahan merupakan dokumen yang ditulis antara pasangan, yang menguraikan cara membagi aset dan tanggung jawab mereka saat akan bercerai, menurut firma Hukum Keluarga McKinley Irvin. Meski begitu, tidak jelas saat ini bagaimana kekayaan pasangan itu akan dibagi.

"Ini seperti membubarkan konglomerat besar," kata Janet George, pengacara perceraian di sebuah firma hukum di Seattle, McKinley Irvin, seperti dikutip dari NewsWeek, Kamis (6/5/2021).

Karena keduanya tinggal di negara bagian Washington, George menyebut sistem kepemilikan hartanya pun mengacu pada aturan setempat.

Regulasi negara bagian ini mengatur, bahwa semua harta dan hutang yang terakumulasi selama pernikahan ditetapkan sebagai milik bersama.

Termasuk gaji setiap dari mereka juga dianggap harta bersama. Namun setiap aset yang dikumpulkan sebelum pernikahan, dianggap sebagai aset pribadi.

George menambahkan, biasanya ada tiga langkah dalam memutuskan bagaimana membagi aset. Pertama, setiap aset dan hutang dikategorikan sebagai milik bersama atau properti terpisah.

Kedua, setiap aset kemudian dinilai,mana aset yang bisa dilakukan dengan penilaian ahli atau oleh pasangan yang menyepakati nilai di antara mereka. Ketiga, aset dan hutang dibagi antara para pihak, dengan mengikuti hukum di Washington. Hukum ini mensyaratkan pembagian properti oleh pengadilan dilakukan secara "adil dan merata".

Meski begitu, George menekankan terma adil dalam aturan di Washington, tidak terbatas kedua pasangan akan mendapatkan porsi yang sama, 50:50. Berapa banyak yang masing-masing akan dapatkan masih akan bergantung pada keputusan pengadilan, bisa memberinya lebih bahkan kurang dari setengah total aset yang dihitung.

Masalah lamanya waktu perceraian juga adalah masalah yang pelik. George menyebut, jika Melinda dan Bill Gates telah menyelesaikan kesepakatan pembagian aset sebelumnya, keduanya diprediksi bisa dengan cepat menyelesaiakn administrasi dan hanya membutubkan putusan hakim untuk membuatnya legal.

Diperkirakan ia bisa resmi berpisah terhitung 91 hari pasca pengajuan cerai, jika semuanya berjalan lancar. Dan George memprediksikan baik Melinda maupun Bill Gates telah melakukan perundingan ini sebelumnya.

Namum ia juga melihat ada kemungkinan percerainnya bisa lebih lama apabila kesepakatan pembagian aset itu hanya dilakukan sebagian. Sementara sebagian lainnya menantikan putusan hakim, sehingga perlu tambahan waktu untuk menilai dan menentukan pembagian harta dengan nominal fantastis tersebut.

2 dari 3 halaman

Pembagian Lebih Rumit

Tidak diketahui pasti berapa banyak harta yang akan diperole baik oleh Bill Gates maupin Melinda. Bahkan setelah perceraian sekalipun, keduanya bisa saja merahasiakan nominal yang didapatkannya.

Wealth-X, lembaga penyedia data perusahaan dan kekayaan, menilai pembagian harta gono-gini orang kaya dunia ini bakal lebih rumit dari yang dibayangkan.

Wealth-X menghitung sebagian besar kekayaan keluarga Gates tidak lagi datang dari kepemilikan sahamnya di Microsoft. Kekayaan dari Microsoft menyumbang kurang dari 20 persen total aset keduanya, yang nilainya ditaksir USD 26,1 miliar atau sekitar Rp 376 triliun.

Sebagian besar harta mereka disebut juga salah satunya bersumber dari asetnya di yayasan Bill and Melinda Gates Foundation. Entitas filantropis yang dikelola oleh keduanya sejak bertahun-tahun silam.

Berdasarkan laporan pajak, yayasan Bill and Melinda Gatea Foundation saat ini memiliki aset yang nilainya USD 51 miliar atau sekitar Rp 736 triliun, seperti dikutip dari CNBC.

Dalam kasus di mana pasangan filantrop kaya berpisah, yayasan mereka terkadang juga terbagi, kata Mela Garber, seorang kepala pajak di firma akuntansi dan penasihat Anchin di New York yang berspesialisasi dalam masalah perkawinan.

Bahkan ketika perceraian dapat diterima secara damai, Garber berkata, "mereka mungkin tidak ingin bersama pada pertemuan dan penggalangan dana tertentu, dan memiliki tingkat keterlibatan yang sama dengan orang-orang di sekitar." Sebutnya seperti dikutip daei Bloomberg.

Meski begitu, kemelut pembagian aset dan peran di yayasan pasca perceraian Bill Gates dan Melinda mungkin hanya kemungkinan kecil terjadi. Keduanya telah menulis dalam keterangan resminya, bakal tetap profesional bermitra untuk menjalankan yayasan sekalipun tidak lagi bersama.

 

Reporter: Abdul Azis Said

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini