Sukses

Menkominfo Minta E-commerce Sediakan Porsi yang Cukup untuk UMKM

Hari bangga buatan Indonesia ditetapkan bersamaan dengan Ramadan diharapkan memberikan banyak berkah bagi e-commerce maupun UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyambut baik Hari Bangga Buatan Indonesia yang telah ditetapkan pada 5 Mei 2021. Penetapan ini berdasarkan kesepakatan bersama antara Kementerian Perdagangan (kemendag) dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (iDEA).

“Baru saja kita menyaksikan bersama-sama penandatanganan kesepakatan bersama antara Kementerian Perdagangan, Kementerian kominfo dan asosiasi e-commerce dalam rangka memberikan dukungan yang kuat dari pemerintah Kementerian dan lembaga dan pelaku usaha,” kata Menkominfo Johnny, dalam bincang FMB9ID_IKP Semakin Bangga Buatan Indonesia 2021, Senin (3/5/2021).

Berdasarkan keputusan bersama ini maka Kominfo diberikan amanat untuk melaksanakan tugas diseminasi informasi menyangkut bangga buatan Indonesia. Oleh Karena itu ia meminta kepada seluruh e-commerce di Indonesia untuk bekerjasama untuk menyediakan porsi yang cukup bagi pusat promosi bagi UMKM.

“Tentu saya minta untuk bekerjasama tidak saja lembaga lembaga penyiaran media pers, tapi juga untuk menyediakan porsi yang cukup bagi pusat promosi dan literasi aktivitas besar nasional kita di sektor Hilir digital yaitu promosi akan bangga buatan Indonesia, membeli, dan menggunakan serta bangga atas barang yang kita beli sendiri,” jelasnya.

Menkominfo menjelaskan, alasan Hari bangga buatan Indonesia ditetapkan bersamaan dengan bulan suci Ramadhan ini diharapkan memberikan banyak berkah bagi semuanya, termasuk berkah di sektor e-commerce maupun berkah bagi UMKM.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memperkecil Impor

Menurutnya, hasil karya kreatif anak bangsa kita harus bisa ditransmisikan secara khusus oleh e-commerce nasional, untuk menjumpai demand side di dalam negeri yaitu pembeli dan konsumsi dalam negeri.

“Kita harus mampu menjadikan pasar Indonesia, produk Indonesia dan memperkecil atau meningkatkan substitusi importasi kita. Kenapa? karena memang kekuatan perekonomian nasional kita diawali dari produksi distribusi dan konsumsi dalam negeri,” ujarnya.

Di samping itu, Menkominfo menambahkan,”Kita harapkan kolaborasi tanpa henti untuk negeri menuju Indonesia semakin digital, semakin maju, semakin bangga buatan Indonesia, bangga karya anak bangsa sendiri,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.