Sukses

5 Potret Kenangan Susi Pudjiastuti dengan Komandan KRI Nanggala 402

Susi Pudjiastuti menjadi salah satu sosok yang paling berduka dalam tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto resmi mengumumkan status kapal selam KRI Nanggala 402 sebagai subsunk (tenggelam). Seluruh awak kapal dinyatakan gugur dalam tugas menjaga kedaulatan NKRI.

Ungkapan belasungkawa ramai-ramai dilontarkan mengiringi kepergian para prajurit dalam patroli abadi, tak terkecuali dari Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Susi terlihat menggunggah potret kenangan dirinya bersama 'senjata baladewa', sebutan lain KRI Nanggala 402, di akun resmi Instagramnya @susipudjiastuti115.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ucapan Duka Cita

Dalam unggahannya, Susi mengungkap perasaan duka atas perginya para kru KRI Nanggala 402.

"Inna lillahi wainnailaihi rojiun... Duka yg mendalam atas gugurnya 53 Putera2 Bangsa Terbaik/Prajurit TNI AL KRI Nanggala 402 Semoga husnul khotimah & mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan... Amin YRA," demikian dikutip Liputan6.com, Senin (26/4/2021).

 

3 dari 5 halaman

Penah Menaiki Kapal Selam Nanggala 402

Foto yang diunggah Susi memperlihatkan dirinya bersama Kolonel Laut (P) Harry Setyawan yang tak lain adalah Komandan KRI Nanggala 402, mulai dari foto bersama di dalam kapal selam, foto saat kunjungan hingga foto bersantai di atas paddle.

Kolonel Harry sendiri juga bukan orang asing bagi Susi. Mereka kerap kali bekerja sama saat Susi menjadi Menteri KKP periode 2014-2019.

 

4 dari 5 halaman

Membekas di Hati Susi Pudjiastuti

Oleh karenanya, kepergian sang Komandan membekas di hati Susi. Dirinya mengucapkan rasa terima kasih dan penghormatan kepada Kolonel Harry atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini.

"Teruntuk Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E dan keluarga, penghormatan dan terima kasih luar biasa dari saya pribadi atas semua dukungan dan kerja sama selama saya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019," tulisnya.

5 dari 5 halaman

Diberi Kenaikan Pangkat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402. Jokowi mengatakan, para prajurit tersebut adalah putra terbaik bangsa dan patriot penjaga kedaulatan negara.

Jokowi menyatakan, negara akan memberikan penghargaan kenaikan jabatan bagi para awak kapal KRI Nanggala 402 yang telah gugur tersebut.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta bintang Jasa Jalasena atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanan prajurit-prajurit tersebut," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Senin (26/4/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.