Sukses

Lapor Gangguan Listrik di Rumah Bisa Lewat Fitur ListriQu PLN Mobile, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meluncurkan fitur ListriQu ke dalam aplikasi New PLN Mobile. Fitur yang digagas anak usaha PLN, PT Haleyora Power, ini memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan instalasi listrik di rumah, kantor atau gedung.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, dengan hadirnya fitur baru ini ke dalam New PLN Mobile, maka seluruh masalah kelistrikan bisa diatasi melalui satu pintu.

"Adanya New PLN Mobile ini semuanya jadi terkonsolidasi. New PLN Mobile jadi single source, tadinya terkotak-kotak, jadi terintegrasi, dalam satu sistem," ujar Darmawan dalam peluncuran fitur ListriQu secara daring, Jumat (23/4/2021).

Jika Anda memiliki pengaduan dalam instalasi listrik di rumah, Anda bisa langsung melaporkanya lewat aplikasi New PLN Mobile. Mengutip tayangan video milik PLN, berikut langkah mudahnya:

1. Unduh aplikasi New PLN Mobile dan lakukan registrasi atau login

2. Pilih menu Pengaduan

3. Pilih menu ListriQu Gangguan Instalasi Pelanggan

4. Jawab pertanyaan terkait, baca disclaimer, syarat dan ketentuan secara detail, lalu centang dan klik Mengerti

5. Cek ID pelanggan, secara otomatis alamat pelaporan akan disesuaikan dengan data pada ID pelanggan

6. Anda juga dapat membuat laporan tanpa ID pelanggan jika alamat laporan berbeda dengan data di ID pelanggan

7. Pastikan alamat pelaporan berada di jangkauan layanan ListriQu

8. Lengkapi data dengan lokasi detil alamat pelapor. Isi info kelompok gangguan dan informasi permintaan waktu kunjungan, lampirkan foto jika diperlukan

9. Setelah rampung, cek semua data yang telah diisi dan estimasi harga. Centang dan klik Kirim Pengaduan.

Nantinya, Anda akan mendapatkan notifikasi work order dan dapat melakukan tracking status order. Petugas PLN akan datang sesuai jadwal, melakukan pengecekan dan setelah selesai, Anda dapat melakukan approval pekerjaan dan lakukan pembayaran jasa secara tunai.

2 dari 3 halaman

PLN: Waspada Hoaks Penipuan Pendaftaran Subsidi Listrik

Sebelumnya, PLN mengimbau pelanggan untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh stimulus listrik dan juga subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR, Agung Murdifi mengatakan, PLN memastikan pendaftaran subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA melalui situs web https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 hoaks.

“Pelanggan harus berhati-hati terhadap situs-situs web penipuan-penipuan terkait subsidi dan stimulus. Seluruh informasi terkait subsidi dan stimulus dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile atau melalui Contact Center PLN 123,” kata Agung, di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Dia menambahkan, untuk stimulus listrik di masa pandemi, PLN telah menjalankan keputusan Pemerintah untuk memperpanjang pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha seperti industri dan bisnis, serta sosial periode bulan April – Juni 2021. Stimulus yang diberikan merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

4. Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Seluruh stimulus saat ini langsung didapatkan saat pelanggan melakukan pembelian token atau pembayaran tagihan listrik, jadi tidak perlu lagi mengakses web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile,” jelas Agung.

PLN juga menekankan bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pascabayar, karena ada perubahan besaran stimulus maka diskon langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

“Kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” ucap Agung.

Khusus untuk subsidi listrik diberikan dalam bentuk subsidi tarif yang diberikan langsung kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Subsidi listrik diberikan kepada pelanggan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Untuk subsidi, itu langsung memotong tarifnya. Jadi biaya yang dibayarkan oleh pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi baik untuk token dan tagihan listrik itu sudah mendapatkan subsidi,” tutup Agung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: