Sukses

Pengamat Sebut Kinerja Mentan Berkontribusi Positif ke Perekonomian Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dinilai menunjukkan kinerja positif dalam kontribusinya ke perekonomian nasional.

Dengan demikian, sangat disayangkan jika ada hasil survei yang memutarbalikkan fakta demi menggiring isu resuhfle yang sedang hangat diperbincangkan.

Analisis Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan ada dua indikator yang biasa digunakan untuk melihat kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Pertama, adalah adanya kesejahteraan petani. Kedua, ketersediaan produk produk pertanian. Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ada peningkatan NIlai Tukar Petani (NTP).

"Yang terbaru, Nilai Tukar Petani (NTP) pada Triwulan I (Januari – Maret) Tahun 2021 lebih tinggi dibanding NTP (Januari – Desember) tahun 2020 dan NTP Triwulan I Tahun 2020," ujar Hendri di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Sedangkan kalau kita lihat ketersediaan produk produk pertanian saya kira aman dan berkontribusi positif pada pertumbuhan PDB nasional pada Pendemi Covid-19 ini.

"Ketersediaan produk-produk pertanian selama ini aman, bahkan sektor pertanian bisa terus menyumbang positif pada PDB nasional selama pandemi Covid-19," jelas dia.

Dia mencontohkan ada upaya dan langkah yang positif yang dilakukan Mentan dalam hal penyediaan daging pada menjelang Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021.

"Kita melihat Kementan dan Mentan SYL telah melakukan langkah langkah dan penyediaan barang barang pertanian secara luar biasa, hanya kurang terlihat," tandasnya.