Sukses

Kiat Memilih Jasa Pengiriman Barang Cepat dan Aman di Masa Pandemi

Jasa pengiriman barang menjadi salah satu bidang usaha yang cukup eksis di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Jasa pengiriman barang menjadi salah satu bidang usaha yang cukup eksis di masa pandemi Covid-19. Gudang sortir yang selalu padat dan sibuk, begitu juga dengan para kurir yang lalu lalang berkendara melewati jalanan kota hingga gang-gang yang sempit untuk mengantarkan paket.

Hal itu tak lepas dari transaksi belanja online yang semakin meningkat dan kebijakan bekerja maupun belajar di rumah. Sehingga banyak hal yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Itu baru dari sisi masyarakat, belum lagi kebutuhan instansi maupun perusahaan yang perlu melakukan pengiriman barang ke berbagai daerah. 

Karena setiap barang yang kita beli dan kirim itu bisa sangat berharga, maka dari itu perlu kejelian dalam memilih jasa pengiriman barang untuk menghindari segala kemungkinan termasuk kerusakan barang. Jangan terbuai dengan harga yang murah, Anda perlu memperhatikan aspek lainnya. 

1. Operasional Setiap Hari

Memilih jasa pengiriman barang yang secara operasional buka setiap hari tentu sangat membantu segala kebutuhan dan keperluan konsumen. Hari sabtu dan minggu kirim atau pesan barang sekarang tidak bukan lagi hambatan.

2. Customer 24 Hour Service

Wajar bila ada batasan jam operasional, karena tidak mungkin kurir sampai harus mengirim barang tengah malam. Namun, untuk urusan Customer Service sangat perlu hadir 24 jam untuk memberikan informasi dan membantu konsumen via telepon, chatting maupun online perihal update pengiriman barang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sistem Pantauan Real Time

Di era teknologi digital saat ini, sistem pantuan real time menjadi hal yang wajib ada sebagai bagian informasi kepada konsumen yang bisa di cek melalui website maupun aplikasi smartphone. Selain itu, juga sebagai jaminan barang akan sampai tepat waktu. Jikalau ada masalah, penyedia jasa dan konsumen juga bisa sama-sama memonitor.

4. Jaringan luas di Indonesia

Semakin luas jaringan jasa pengiriman yang Anda pilih, maka semakin mudah dan terjangkau biaya pengiriman paket yang Anda keluarkan. Terlebih lagi bila mereka menggunakan berbagai moda transportasi pengiriman baik dari darat, laut, dan udara. Sehingga barang bisa lebih aman dan cepat sampai.

5. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu menjadi salah satu pertimbangan yang harus kamu perhatikan. Pasalnya, dengan waktu pengantaran yang cepat merupakan salah satu jaminan mutu dan bentuk servis terbaik bagi pelanggan.

 

3 dari 3 halaman

Layanan Baru Super

Perusahaan jasa pengiriman J&T Express yang mengedepankan sistem dan teknologi dalam operasional pengirimannya meluncurkan layanan baru yaitu J&T Super, inovasi kenyamanan pengiriman yang sampai di hari yang sampai hingga kurang dari 2 hari. 

Layanan baru ini memberikan jaminan perlindungan paket atau garansi tanpa biaya tambahan, layanan proses klaim dalam 1x24 jam, hingga pengembalian ongkos kirim 100% uang kembali dengan syarat dan ketentuan yang berlaku apabila paket tidak sampai sesuai SLA pengirimannya. J&T Super saat ini dapat digunakan melalui transaksi pengiriman non-market place dan bisa dikirimkan melalui drop off dan pick up only dengan maksimal berat hingga 3 kg. 

Layanan ini dapat digunakan mulai 1 April 2021, adapun SLA dari layanan J&T Super yaitu pengiriman tujuan kota yang sama di bawah pukul 10.00 WIB maka paket akan sampai di hari yang sama sebelum pukul 21.00 wib. Namun apabila pengiriman tujuan ke sama maupun beda kota di atas pukul 10.00 wib maka paket akan sampai esok hari sebelum pukul 12.00 WIB. Dengan penyesuaian waktu tersebut J&T Express memberikan layanan premium dengan prioritas pengiriman mudah dan cepat sampai.

CEO J&T Express, Robin Lo mengungkapkan bahwa permintaan pengiriman yang cepat semakin dicari oleh masyarakat terlebih di wilayah yang padat penduduk, maka perlu membuat sesuatu yang baru.

“Kami mengembangkan layanan ini dengan mengedepankan jaminan service level agreement (SLA) yang lebih cepat dan tepat, sehingga bisa memenuhi permintaan pengiriman dengan urgensi dari kebutuhan pelanggan. Saat ini J&T Super telah tersedia untuk jangkauan wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor, diharapkan layanan ini dapat melayani seluruh wilayah Indonesia secara bertahap,” paparnya. 

Sebelumnya pada akhir tahun 2020 lalu, J&T Express juga menambah layanan J&T ECO yang dikhususkan untuk pengiriman dengan harga ekonomis, serta jenis layanan pengiriman paket mandiri J&T Jemari (Jemput Paket Mandiri) yaitu kemudahan bagi pelanggan yang menginginkan pengambilan paket melalui drop point yang diinginkannya. 

6. Sistem Klaim yang Cepat

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih jasa pengiriman barang adalah menyediakan sistem klaim yang cepat. Dengan begitu kita sebagai konsumen akan merasa lebih tenang dan nyaman karena barang yang kita pesan atau kirim terjadi sesuatu bisa mendapatkan penggantian sesuai aturan yang berlaku.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini