Sukses

AS Pimpin Pemulihan Ekonomi karena Mampu Akselerasi Vaksinasi Covid-19

Program vaksinasi massal menjadi indikator penting dalam percepatan pemulihan ekonomi sebuah negara.

Liputan6.com, Jakarta - Program vaksinasi massal menjadi indikator penting dalam percepatan pemulihan ekonomi sebuah negara. Amerika Serikat, dan China menjadi negara yang pemulihan ekonomi tercepat karena didukung akselerasi vaksinasi.

"Negara-negara yang mengalami pertumbuhan mengalami pemulihan yang lebih cepat memang didukung oleh akselerasi pelaksanaan vaksinasi yang terjadi terutama di negara maju," kata Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi & Moneter, Bank Indonesia, Riza Tyas Utami dalam diskusi media bertajuk Sinergi Memperkuat Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal tersebut juga didukung kemampuan sebuah negara dalam menyediakan alat pendukung vaksinasi seperti alat kesehatan, vaksinator dan berbagai catatan pendukung lainnya. Termasuk juga kemampuan negara dalam menjaga ketersediaan vaksinnya.

Amerika Serikat menjadi negara yang memimpin pemulihan ekonomi global karena akselerasi vaksinasi Covid-19 yang baik. Kondisi ini terjadi setelah posisi Donald Trump digantikan Joe Biden.

"Amerika yang pada saat Presiden Trump sempat mengalami (kemunduran) kemudian pergantian pemerintahan ini menyebabkan mereka bisa mengejar vaksinasi dengan sangat cepat sehingga Amerika sekarang berada pada nomor 4 akselerasi pelaksanaan vaksinasinya," tutur Riza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China dan India

China yang perlahan tapi pasti bertengger diurutan kedua setelah Negara Paman Sam. Negeri tirai bambu ini lebih dulu mampu mengendalikan penyebaran virus dan secara konsisten perekonomian mulai tumbuh sejak tahun lalu.

"Tiongkok yang sudah lebih dulu berhasil mengendalikan covidnya juga kemudian sudah tumbuh cukup konsisten kembali ke level pertumbuhannya semula," kata Riza.

Begitu juga dengan India yang terus mengalami perbaikan dari sisi perekonomiannya setelah berhasil mengendalikan penyebaran virus. Bahkan tumbuh dua digit setelah terperosok begitu dalam tahun lalu.

"India bisa tumbuh sekitar 11 persen dibandingkan dengan tajamnya proyeksi di India pada saat covid kemarin melonjak," kata dia.

Untuk itu penanganan pandemi dan vaksinasi menjadi tolak ukur kecepatan pemulihan ekonomi sebuah negara.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.