Sukses

Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran Beroperasi Akhir Maret 2021

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) dan PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) optimis dapat meresmikan ruas Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran pada akhir Maret 2021.

"Di samping beberapa kendala minor yang masih dihadapi, kita optimis kedua ruas tol ini dapat selesai di akhir Maret 2021. Nantinya jika sudah beroperasi akan menjadi alternatif akses baru bagi masyarakat, terutama menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta," ujar Komisaris Utama Jasa Marga Yuswanda A Temenggung dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Lingkar Liat Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang juga akan terintegrasi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, ruas yang telah lebih dulu dioperasikan oleh PT Marga Trans Nusantara sejak 2019.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki panjang keseluruhan 10,14 km dan terbagi menjadi dua Seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km.

Saat ini, progres konstruksi Seksi 1 telah selesai 100 persen dan siap diresmikan akhir Maret 2021. Sedangkan progres konstruksi Seksi 2 telah mencapai 79,7 persen dengan pembebasan lahan mencapai 99,17 persen.

Di sisi lain, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang keseluruhan 14,19 km dan terbagi menjadi 4 Seksi, yakni Seksi I (Kunciran–Tirtayasa) Sepanjang 2,04 km, Seksi II (Tirtayasa–Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km, Seksi III (Benteng Betawi–HbSastranegara) sepanjang 6,57 km, dan Seksi IV (H Sastranegara–SS Benda) sepanjang 2,06 km.

Hingga saat ini keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran mencapai 97,01 persen dengan pembebasan lahan mencapai 97,74 persen.

2 dari 4 halaman

Jalan Tol Serpong-Cinere Hampir Tersambung, Konstruksi Capai 93 Persen

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) terus menyelesaikan pembangunan fisik atau konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere. PT CSJ optimis ruas tol tersebut siap dioperasikan dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menjelaskan, hingga 23 Februari 2021 secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 93,932 persen. Sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 98,72 persen.

Sementara untuk masing-masing seksi sendiri yakni pada Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21 persen dan progres konstruksinya telah rampung 100 persen. Sisa pembebasan lahan saat ini dikejar untuk pekerjaan jalan samping atau frontage road.

"Sementara Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35 persen dan progres konstruksi mencapai 78,904 persen," jelas Ayu, Jumat (26/2/2021).

Ayu pun yakin Seksi 1 Serpong-Pamulang dapat beroperasi lebih awal, yang ditargetkan pada awal kuartal II 2021.

Dalam memasuki tahap pengoperasian, PT CSJ juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar selanjutnya dapat menjalani tahap uji laik dan fungsi Jalan Tol Serpong-Cinere.

"Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong-Pamulang akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere," sambung Ayu.

3 dari 4 halaman

Jalan Lingkar Luar

Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km.

Ruas tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan satu simpang susun (SS) di wilayah Pamulang.

Kehadiran Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas Tol Serpong-Kunciran). 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: