Sukses

Ayo Sontek! 5 Strategi Tepat Melamar Pekerjaan di 2021

Liputan6.com, Jakarta Mencari pekerjaan pada dasarnya selalu membutuhkan strategi yang terencana dengan baik. Namun, di era Covid-19 ini, Anda akan menghadapi sejumlah tantangan unik yang sebelumnya mungkin tampak tidak relevan. 

Banyak usaha yang sudah mengambil tindakan mengurangi jumlah karyawan yang beroperasi. Sementara, tantangan lainnya adalah sekalipun ada lowongan pekerjaan yang terbuka, wawancara secara langsung mungkin tidak dapat dilakukan. 

Sehingga, Anda perlu ekstra rajin dan kreatif untuk mencari pekerjaan dalam kondisi seperti ini. Berikut beberapa pedoman untuk membantu Anda dalam menemukan pekerjaan di tahun 2021 ini dikutip dari Forbes, Sabtu (13/3/2021).

1. Fokus pada industri yang masih merekrut

Sejak adanya pandemi Covid-19 yang dimulai tahun lalu, Anda tentunya memahami bahwa banyak bidang industri yang terpukul, bisnis yang tutup, dan orang-orang yang kehilangan pekerjaan.

Meskipun, beberapa industri pada akhirnya mengambil langkah untuk menunda atau mengurangi perekrutan, masih terdapat beberapa industri yang secara aktif merekrut. 

Secara umum, perusahaan di sektor, seperti transportasi, pengiriman, teknologi komunikasi, dan pembelajaran online kini sedang berkembang pesat sehingga membuka peluang adanya lowongan pekerjaan.

2. Kembangkan strategi jaringan online

Jejaring online di media sosial dan alat komunikasi video seperti Skype dan Zoom telah berkembang selama bertahun-tahun, jauh sebelum pandemi. Faktanya, internet seringkali menjadi cara paling efisien untuk melakukan pencarian pekerjaan bahkan pada waktu normal sekalipun.

Ketika timbul kesulitan untuk bepergian dan bertemu orang-orang secara langsung, seperti yang terjadi saat ini, membangun kehadiran Anda secara online menjadi sangat penting dan dapat berdampak signifikan bagi perjalanan karier Anda. 

Anda dapat melaksanakan beberapa langkah berikut ini untuk memulai:

  • Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperkuat profil Anda di jejaring kerja seperti LinkedIn dan pastikan telah memasukkan elemen penting, seperti foto profesional dan deskripsi lengkap yang kaya kata kunci. Tips yang mungkin dapat membedakan Anda dari kandidat lain adalah dengan membuat video intro untuk daftar pekerjaan Anda sebelumnya.
  • Anda dapat mulai bergabung dengan grup Facebook dan LinkedIn yang dapat membantu Anda terhubung dengan lebih banyak orang yang berpikiran sama, termasuk calon pemberi kerja. Anda juga dapat bergabung dengan obrolan dan webinar yang relevan untuk meningkatkan keterampilan sebagai modal dalam mencari pekerjaan.
  • Persiapkan akun layanan audio dan video online, seperti Skype, FaceTime, Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, dan Webex. Mulailah mempelajari aplikasi semacam ini sebanyak mungkin dan biasakan diri Anda dengan cara kerjanya sehingga Anda siap untuk wawancara yang akan datang kapanpun.
2 dari 3 halaman

3. Pertimbangkan pekerjaan sementara

Banyak orang yang mungkin tidak suka mempertimbangkan pekerjaan apabila tidak sejalan dengan tujuan karier mereka. Namun, pekerjaan sementara sebenarnya dapat berguna di samping Anda terus mengejar tujuan jangka panjang. 

Beberapa keuntungan lain dari menerima tawaran pekerjaan sementara, meliputi:

  • Memberikan pemasukan yang Anda butuhkan untuk sementara sembari tetap memberikan perhatian pada perkembangan dari industri dimana pekerjaan impian Anda berada.
  • Pekerjaan sementara memberi Anda kesempatan untuk mempelajari keterampilan yang kemudian dapat menjadi nilai tambahan dari profil Anda ketika dimasukkan ke dalam resume.
  • Anda tidak pernah tahu siapa yang akan Anda temui saat menerima tawaran pekerjaan sementara, bangunlah jaringan relasi selagi mungkin.
  • Kontribusi yang dilakukan dalam jangka pendek juga bisa mengantarkan Anda ke posisi permanen. 

4. Pelajari keterampilan baru

Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengikuti kursus online. Banyak perusahaan dan lembaga pendidikan saat ini menawarkan kelas online gratis atau berbiaya rendah untuk semua jenis mata pelajaran, termasuk pemrograman, keamanan siber, pemasaran, dan keuangan. Aktivitas ini bisa menjadi cara yang baik untuk membangun keahlian dan memperkuat resume Anda.

5. Buat rencana berburu pekerjaan Anda sendiri

Mungkin memang tidak mudah untuk mencari pekerjaan di masa seperti sekarang, namun bukan berarti tidak mungkin. Setelah mampu mengidentifikasi industri dan posisi seperti apa yang ingin dituju dan membangun keterampilan sesuai yang dibutuhkan, mulai buatlah rencana yang jelas dan spesifik.

Pada saat yang sama, tingkatkan jaringan relasi Anda dan terus pikirkan tentang keterampilan baru seperti apa yang dapat Anda pelajari selanjutnya.

 

Reporter: Priscilla Dewi Kirana 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini